2011/07/27

Cek Kesehatan Balita 1,5 Tahun di Jepang

Tanggal 20 Juli lalu saya membawa anak saya ke Pusat Ibu dan Anak untuk pemeriksaan kesehatan balita usia 1,5 tahun. Dalam bahasa Jepang sih "Pusat Ibu dan Anak" ini disebutnya Hoken Center, kurang tahu translate tepatnya apa, tapi saya mengartikannya sejenis "Pusat Ibu & Anak". Sekitar 2 bulan sebelumnya, saya menerima surat dari Hoken Center atas nama anak saya. Wah saya bingung koq tumben anak saya yang dapat surat ya, tapi pas saya baca, biarpun gak ngerti bahasa Jepang, tapi saya bisa baca tulisan "1,5 Tahun"-nya dan saya nebak pasti ini panggilan untuk cek kesehatan. Saya sudah tau kalau bakal ada pemeriksaan saat usia 1,5 tahun dari dokter anak yang saya kunjungi saat Mye usia 10 bulan & 1 tahun. 

Dalam surat tersebut ada surat pengantar dan satu lagi adalah lembaran yang besar yang sepertinya adalah kuisioner yang harus saya isi. Karena semuanya dalam bahasa Jepang, terpaksalah saya mendatangi tetangga saya untuk translate semuanya. Dalam surat pengantar ditulis untuk, misalnya, anak yang lahir dari tanggal 10-29 desember datang pada tanggal 20 juli 2011, untuk anak yang lahir di tanggal2 lain juga disebutkan harus datang tanggal berapa. Kuisionernya berisi pertanyaan seputar keadaaan anak, misalnya apakah sudah bisa berjalan dengan lancar, apakah sudah bisa bicara, apa permainan kesukaannya, dsb. 

Sebelum pergi ke Hoken Center, saya juga bertanya ke Kasumi, teman saya yang punya anak berusia 1,5 tahun juga apakah dia akan atau sudah membawa anaknya ke Hoken Center. Ternyata dia bilang kalau pada tanggal yang seharusnya dia datang, dia tidak bisa karena ada urusan dengan sekolah anaknya yang satu lagi yang berusia 10 tahun. Jadi Kasumi mungkin akan datang di hari lain. Dari situ saya tahu kalau ternyata jika tidak bisa datang di hari yang ditentukan kita boleh datang di hari lain. 

Kebetulan sekali tanggal 20 Juli suami saya masih libur summer jadi dia bisa menemani saya membawa Mye ke Hoken Center. Wow, ternyata Hoken Center heboh sekali! Hahahaha.. persis seperti Posyandu kalau lagi ramai. Anak2 teriak2, nangis2, ada yang lari2 kesana kemari, termasuk Mye yang tidak bisa diam jalan2 kemana2. Hahaha... 

Saat giliran Mye tiba, pertama kita ditanya2 oleh Perawat (sepertinya sih mereka perawat, bukan dokter) tentang keadaan sang anak, kurang lebih mereka mau menegaskan hal2 yang sudah ditanyakan di kuisioner. Tentu saja mereka menanyakan hal2 tersebut dalam bahasa jepang dan saya hanya mengerti sangat amat sedikit dan bisa menjawab dengan sangat amat terbatas. Rasanya ingin tertawa sekaligus ingin cepat2 selesai saking bingungnya. Salah satu pertanyaan yang bisa saya jawab adalah berapa banyak Mye minum susu sehari, dan saya untungnya bisa jawab 500 cc dengan benar.. Hahahaha... 

Setelah tanya jawab, Mye ditimbang & diukur tingginya, sekarang berat Mye 12,5 kg dan tinggi 83,7cm. Setelah itu Mye diperiksa secara fisik oleh dokter. Untung Mye gak nangis pas diperiksa dokter, mungkin karena dapat dokter perempuan, malah sang dokter diberi kiss bye sama Mye pas sudah selesai pemeriksaannya. Hahahaha... Setelah bertemu dokter, saatnya periksa gigi. Alhamdulillah katanya gigi Mye bagus dan bersih. Iya donk, siapa dulu bunda-nya yang rajin sikatin gigi Mye.. Hehehehe... Tapi katanya gigi Mye agak rapat2 jadi harus dibersihkan dengan dental floss seminggu 1 atau 2 kali. 

Setelah bertemu dokter gigi, kita disuruh ke ruangan ketiga yang sepertinya itu berisi konseling tentang makanan balita. Saat di dalam ruang konseling, sang perawat mencoba menjelaskan kalau Mye itu dari berat badan diatas garis grafik tertinggi anak2 jepang, tingginya juga berada pada garis teratas grafik. Disitu perawat lalu mengatakan kalau Mye bertubuh besar & ditakutkan jadi obesitas. Hmmm.. itu perawat gak lihat apa ya emak babe Mye segede2 babon gini?? Hahahaha... Lalu perawat mengatakan kalau dalam sehari Mye hanya boleh minum susu 200cc saja. Dari sini saya tidak bisa terima karena saya melihat anak2 teman saya yang di Indonesia ataupun di Belanda perasaan umur segini masih minum susu kira2 500cc, bahkan beberapa hari sebelum saya ke Hoken Center saya berbicara dengan kakak saya dan anak kakak saya yang berusia 2,5 tahun masih minum susu kira2 500cc sehari. Toh Mye biarpun minum susu 500cc sehari makanan padat tetap masuk, juga buah2an.
grafik pertumbuhan bayi/balita Jepang
Anak2 balita Jepang saya lihat memang kecil2 badannya. Misalnya Toshiki, anaknya Kasumi, dia sebulan lebih tua dari Mye tapi dari tinggi badan & berat badan lebih kecil dari Mye. Saya juga pernah melihat balita yang lebih tua dari Mye, kira2 sudah 2 tahun lebih badannya malah sama dengan Mye. Jadi menurut saya, harusnya sih Mye tidak bisa disamakan dengan anak2 Jepang lainnya. Lagipula Mye tidak memiliki gen orang Jepang yang membuat dia juga berbeda dengan anak2 Jepang. Sama halnya Mye tidak memiliki gen orang Belanda, jadi Mye juga tidak bisa disamakan dengan balita Belanda lainnya. Pas Mye bayi, dia badannya lebih kecil dari rata2 bayi Belanda, perawat di Belanda pun tidak bisa langsung judge bahwa Mye kecil karena Mye adalah balita Asia dimana memiliki gen yang berbeda dengan balita2 Eropa.
grafik pertumbuhan bayi/balita Belanda
Makanya saya jadi tidak terima saat Mye dibilang badannya terlalu besar saat dibandingkan dengan grafik pertumbuhan balita Jepang. Lalu saya mencoba menjelaskan dalam bahasa Jepang kalau yang mereka gunakan adalah grafik pertumbuhan balita untuk anak Jepang, sedangkan Mye bukan anak Jepang dan berdasarkan grafik pertumbuhan balita Belanda (karena Mye lahir di Belanda & saya memiliki buku pertumbuhan balita Belanda) Mye berada pada batas normal, sedikit diatas rata2 tapi masih dibawah garis grafik tertinggi. Sayapun menunjukkan grafik tersebut. Kalau saat itu perawat meminta grafik balita Indonesia pun saya bisa menunjukkannya karena saya punya dan saya bisa buktikan Mye masih di garis normal grafik balita Indonesia. Tapi setelah saya tunjukkan grafik pertumbuhan balita Belanda dan perawat melihat kalau Mye masih dalam garis normal, akhirnya dia bilang (kira2 nih) "oh kalau gitu tidak apa2, tidak ada yang perlu dikawatirkan, konselingnya sudah selesai, anda boleh pulang sekarang". Hahahahahahahaha.. saya pengen ngakak tapi gimanaaa...Hihihi... Akhirnya kita cuma bilang terima kasih dan bergegas keluar. 
grafik pertumbuhan bayi/balita Indonesia
Disini saya tampilkan grafik pertumbuhan bayi/balita dari Indonesia, Jepang dan Belanda. Dari grafik2 diatas terlihat kalau rata2 berat badan dan tinggi badan bayi/balita Jepang memang dibawah rata2 bayi/balita di Indonesia & Belanda. Di Indonesia dan Belanda rata2 berat balita umur 1,5 tahun adalah 11 kg, sedangkan di Jepang adalah 10 kg, lumayan ya bedanya 1kg, gak heran kalau Mye dibilangnya "terlalu besar". Saya bukan dokter atau perawat, tapi menurut saya kalau mau melihat pertumbuhan balita saat kita berada di negara lain dari negara asal kita, rasanya kita patut mempertimbangkan dari segi ras, gen, dsb karena pasti tiap negara pertumbuhan rata2 balitanya berbeda2. 

No comments:

Post a Comment