2011/04/26

Cerita tentang si CLODI

Clodi adalah singkatan dari cloth diaper yang sedang populer banget di kalangan ibu2 sekarang ini. Saya awalnya tau clodi dari teman Indonesia pas lagi di Belanda. Pas diceritain soal clodi saya langsung tertarik banget. Konsep clodi lahir dari gerakan Go Green untuk mengurangi sampah disposable diaper karena disposable diaper sulit terdegradasi dan memakan waktu yang sangat lama, kalau gak salah saya pernah baca bisa sampai ratusan tahun. Kebetulan gerakan Go Green itu "saya banget", secara saya kuliah Kesehatan Masyarakat jurusan Kesehatan Lingkungan, tentunya hal seperti ini harus saya dukung dan kalau perlu saya juga harus "menularkan" penggunaan clodi kepada teman2 dan saudara2 saya. Dari segi ekonomi, tentu bisa menghemat pengeluaran untuk disposable diaper yang mahal. Dari pengalaman saya sih dengan menggunakan clodi bisa menghemat kira2 1/2 dari jumlah disposable diaper yang biasa digunakan. Kecuali kita memang gak pakai disposable diaper sama sekali, makanya bisa menghemat lebih banyak, tapi saya masih pakaikan dispo ke anak saya pas malam hari dan pas jalan2.

Kenapa sih clodi jadi trend di kalangan ibu2 sekarang?? Apa bedanya dengan popok kain yang biasa dipakai di Indonesia dari jaman baheula?? Pastinya jadi trend karena clodi, tidak seperti popok kain jamah baheula, bisa tahan 2-3 jam, tanpa bocor  atau rembes. Jadi istilahnya sama saja seperti kalau kita pakai disposable diaper yang kita ganti setiap 2-3 jam (kalau bayinya gak pup), bedanya clodi bisa dicuci dan dipakai ulang. Satu keuntungan lagi dari clodi adalah ukurannya yang bisa disesuaikan dari newborn sampai anak kira2 2 tahun. Biasanya sih patokannya dari berat badan bayi, jadi antara 3 kg sampai 15 atau 16 kg, sekarang ini bahkan ada yang katanya bisa sampai 18 kg. 

Bentuk clodi persis sekali seperti disposable diaper dengan kancing velcro atau kancing snap. Clodi disebut juga pocket diaper karena si bagian outer itu ada kantongnya untuk memasukkan insert sebagai penyerap pipis bayi. Jadi clodi itu terdiri dari 2 bagian. Pertama adalah outernya yang berbentuk seperti disposable diaper. Kedua adalah insert, yaitu kain microfiber (biasanya terdiri dari 3 lapis microfiber), ada juga dari bahan bamboo (dari serat bamboo, katanya lebih cepat kering & lebih mudah di cuci) atau bisa juga hanya menggunakan alas ompol lorek yang banyak dijual dimana2. Insert berfungsi untuk menyerap pipis bayi, jadi biasanya yang diganti setiap 2-3 jam itu si insert ini, kecuali si bayi pup ya bagian outer juga diganti. Kalau saya biasanya perbandingannya 1 outer untuk 2-3 insert. Gimana kalau malam hari?? Apa harus di ganti setiap 2-3 jam juga?? Ada beberapa ibu2 yang katanya sih si clodi bisa tahan semalaman, tapi saya sendiri gak pernah coba karena takut bocor, secara Mye pipisnya banyak.
insert microfiber

insert bamboo
alas ompol

Bagian luar clodi yang bagus & terbaik adalah yang terbuat dari bahan PUL yang anti rembes, buat saya jika bagian luarnya bukan dari bahan PUL, untuk bayi seperti Mye, yang pipisnya banyak, bakal cepet rembes keluar. Pengalaman saya sih kalau bagian luar clodi bukan PUL, clodi harus saya ganti setiap 1 jam atau 1,5 jam, malah kadang 30-45 menit kalau pas Mye pipis banyak banget. Sedangkan bagian dalam clodi biasanya dari bahan fleece atau suede yang halus dan cepat kering kalau terkena air, makanya kalau si bayi cuma pipis aja gak masalah cuma ganti insertnya aja karena biasanya bagian dalam outer masih kering. Kalau misalnya si bagian dalam basah atau demek, saya biasanya ganti saja dengan yang lain tapi yang basah itu gak langsung saya taro di cucian tapi saya jemur saja dulu sampai kering, nah kalau udah kering bisa saya pakai lagi, jadi cucian clodinya gak terlalu banyak.

Sekarang ada juga yang namanya diaper liner. Bentuknya seperti insert. Diaper liner ada yang langsung di buang ada yang dari bahan fleece tipis. Liner itu lapisan tipis untuk ditaro di atas clodi sebagai poo catcher. Jadi kalau babynya pup si clodi gak terlalu kotor dan gampang di cuci. Liner yang sekali buang menurut saya sih lebih praktis dibanding yang di cuci2 tapi yang di cuci2 juga toh gampang di cuci karena bahannya tipis dan cepet kering juga. 
flushable diaper liner

Cara perawatan clodi bisa di bilang gampang. Bagusnya sih clodi dicucinya dikucek dengan tangan, tapi bisa juga menggunakan mesin cuci. Mencuci clodi gak perlu tenaga yang kuat, di kucek sedikit juga udah bersih. Gak perlu di kucek dengan full tenaga karena nanti clodi bisa cepet rusak. Untuk menghilangkan noda pup juga gak perlu effort banyak. Pertama pup di semprot dengan semprotan WC sampai yang nempel2 hilang, lalu dikucek dengan sedikit air sabun (jangan di sikat juga supaya gak cepat brudul bahannya), lalu di bilas lagi dan jemur di terik matahari untuk hasil maksimal. Kalau masih ada noda kuning2 biasanya suka hilang dengan di jemur di bawah terik matahari. Seperti magic ya.. hahaha.. tapi itu bener loh. :D Kalau saya, karena gak ada pembantu, saya cuci clodi dengan mesin cuci. Clodi kotor biasanya saya bilas dulu di air, kalau bekas pup saya kucek dulu sebentar dengan air, lalu saya taro di ember atau langsung di dalam mesin cuci. Kalau udah malam, setelah semua clodi kotor terkumpul, baru deh saya cuci di mesin cuci. Sabun yang digunakan juga sebaiknya sabun yang tanpa pewangi dan tanpa pelembut. Pewangi & pelembut baju malah bakal membuat kain jenis fleece atau suede jadi menyerap air, jadi permukaan clodi cepet basah atau demek deh. Jumlah sabun yang digunakan juga sedikit ajah, 1/2 dari jumlah yang dianjurkan. Mencuci clodi gak perlu sabun yang sampai berbusa banyak koq. Clodi juga gak boleh di rendem karena nanti malahan jadi bau. 

Saat ini clodi udah banyak banget di jual di toko2 online Indonesia. Ada yang jual buatan luar negeri dan dalam negeri. Saya sih selama ini pakai yang buatan dalam negeri aja, harganya reasonable dan kualitas bagus. Berapa ya kira2 modal buat beli clodi?? Pertama, kita harus tau dulu nih, kita harus punya berapa set clodi ya?? Dari pengalaman saya sih dalam sehari itu bisa abis pakai kurang lebih 4 outer dan 8-10 insert, jadi kalau mau aman kita sebaiknya punya 8 outer dan sekitar 15-20 insert. Kenapa banyak amat ya? Karena in case cuaca jelek, mendung terus, lalu clodi keringnya lama, terutama sih insertnya, paling gak kita punya persediaan untuk 2 hari. Modal awal beli clodi emang agak besar sekitar Rp. 500.000 - Rp. 1.000.000. Itu untuk sekitar 5-8 clodi buatan lokal (paket clodinya biasanya terdiri dari 1 outer + 1 insert) dan tambahan insert 5-6. Kalau kita beli yang buatan luar kayanya modal awalnya bisa Rp. 2 jutaan untuk sekitar 5 paket clodi plus tambahan insert sekitar 3-4. Saya sih menyarankan untuk 1 outer clodi punya 2-3 insert, makanya saya selalu beli tambahan insert. Harga insertnya sendiri emang suka agak mahal sih, apalagi yang microfiber, kira2 antara Rp. 30.000- Rp. 50.000, tapi selama saya di Jepang saya nemu kain microfiber biasa yang kaya buat lap2 gitu di toko serba 100 yen (Rp. 11.000), terus saya iseng2 coba untuk dijadiin insert. Hasilnya sama aja tuh kaya insert2 mahal yang suka saya beli!! Hahaha.. Jadi sekarang saya koleksi kain microfiber dari toko serba 100 yen aja deh.. hehe...

Mungkin teman2 pada kaget untuk modal awal untuk beli clodi koq gede banget ya, tapi dibanding beli dispo terus2an kan malah lebih mahal pengeluarannya, coba aja hitung pengeluaran kita untuk membeli dispo dalam setahun dibandingkan dengan membeli clodi yang bisa tahan sampai anak kita umur 2 tahun. Saya yakin pastinya lebih hemat dan nantinya bisa di pake lagi kalau anak kita punya adik. :D  Yuuukk kita mulai pakai clodi demi menyelamatkan bumi dan untuk menghemat pengeluaran disposable diaper juga. :D

7 comments:

  1. Assalamu'alaykum wr wb

    Sebelumnya, salam kenal, mbak Mungki ^_^.
    Saya sedang mengandung anak ke-2, dan sedang berpikiran untuk sedikit-sedikit beralih ke clodi. Thanks infonya yah, insya Allah sangat membantu pertanyaan2 yang muncul seputar clodi ^_^

    -Ully @ Chiba-

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mba Ully.. good to know kalau tulisan saya bisa membantu.. :D

    ReplyDelete
  3. mbak, ijin share ya via FB, sy tetap menulis di bawah tulisan tersebut, alamat webnya mb....

    ReplyDelete
  4. eh punya usul, dari pada pakai kain selimut lorek gimana kalau insertnya dikasih kanebo 9Itu tuh yang buat lap motor Rp.10.000 an), nanti kan bisa diperes lalu dipakai lagi kan gak perlu banyak-banyak insert

    ReplyDelete
  5. waduh gak pernah coba si lap motor itu tuh... gak tau daya serapnya dan daya keringnya... coba aja dulu sendiri klo bagus kasih tau reviewnya yah... hehehe...

    ReplyDelete
  6. mbaaa...clodi perlu disetrika ga yaaa???**maklum calon mama baru hehehe....

    ReplyDelete
  7. jangan disetrika mba ntar rusak... ^_^

    ReplyDelete