2011/04/20

Kafein: Amankah untuk Bumil??

Pagi ini baru aja saya baca status temen di Facebook katanya boleh gak ya minum green tea pas lagi hamil karena green tea menghilangkan rasa mual. Banyak respon dari teman2nya menyarankan untuk sebaiknya gak usah konsumsi teh dan kopi selama hamil karena mengandung kafein. Sebenarnya ibu hamil masih boleh mengkonsumsi teh dan kopi loh. Asaaalll... ada aturan mainnya. Dari sumber Wikipedia yang saya baca, sebaiknya bumil tidak mengkonsumsi kafein sebanyak lebih dari 200mg per hari atau sebanding dengan 2 cangkir kopi instan atau sama dengan 1 atau 1, 5 cangkir kopi kental seperti espresso atau jenis2 kopi Itali yang sifatnya kuat. Berdasarkan kuliah gizi yang pernah saya dapat sewaktu kuliah di Fak. Kesehatan Masyarakat, UI, kafein dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh makanya sebaiknya di konsumsi, apalagi untuk bumil, 2 jam setelah makan. Saya baca dari sumber lain juga, katanya kafein dapat menghambat asupan darah ke plasenta sehingga dapat membahayakan janin & menyebabkan keguguran. Konsumsi kafein di awal kehamilan lebih dari 200mg per hari dapat meningkatkan risiko keguguran 2x lipat. Tapi ada penelitian lain yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dengan keguguran. Btw, kafein disini bukan cuma kopi dan teh loh, tapi termasuk juga coklat hangat, cola, dan kafein2 lainnya.
 
Saat saya hamil dulu saya masih mengkonsumsi kopi dan teh. Walaupun tidak rutin sih. Berdasarkan midwife di Belanda, konsumsi kopi masih aman untuk bumil, bahkan saya sih dikasih taunya boleh mengkonsumsi kopi instan maksimal 3 cangkir sehari. Teman saya yang orang Itali bahkan masih mengkonsumsi kopi Itali yang kafeinnya sangat kuat setiap hari 1 cangkir kecil. Saya pernah mencoba cappucino buatan teman saya yang orang Itali tersebut pas hamil, efeknya ke saya sih paling jadi terjaga pas malam hari aja soalnya bayinya jadi gerak2 terus dalam perut.. hihihihihi... Di Indonesia kadang diasumsikan kalau mengkonsumsi kafein saat hamil nanti bakal menyebabkan bayinya apaaaa gitu gak jelas... Padahal gak papa tuh, buktinya anak teman saya baik2 saja, anaknya cantik & cerdas. So, buat bumil2 jangan kawatir ya, asal di ingat2 aja tips2 yang tadi. :)


No comments:

Post a Comment