2013/03/21

Basic Tomato Sauce untuk Pasta (dan Pizza)

Waktu itu saya sedang browsing resep lasagna dan cara membuatnya lalu saya menemukan resep lasagna dari Giada de Laurentis, celebrity chef turunan Itali yang tinggal di Amerika. So far, saya suka sekali dengan masakan2 dia. Awalnya saya suka lihat Giada di TV dalam acara masaknya "Everyday Italian". Acara itu juga ada beberapa episode yang bisa kita temukan di youtube. Ternyata dia juga punya beberapa acara masak lainnya yang gak kalah menarik.

my first lasagna

Dalam resep lasagnanya, tentu saja dia menuliskan resep untuk beschiamela sauce dan tomato sauce. Tapi yang sangat menarik untuk saya adalah basic tomato saucenya yang ternyata menggunakan wortel parut. Wah saya baru tau kalau basic tomato sauce itu menggunakan wortel, which means basic tomato sauce is very rich in flavour and very healthy! Pantes kalau saya beli tomato sauce yang sudah jadi dalam kemasan botol selalu ada gambar wortel, saledri dan bawang. Lalu saya mencoba bikin tomato sauce berdasarkan resep Giada untuk setiap masakan pasta saya dan juga untuk pizza dan ternyata enak banget! ^_^

roasted beef and paprika pizza

Jadi basic tomato sauce membutuhkan: 
  • 2 kaleng canned crushed tomatoes (atau canned diced tomatoes)
  • 2 sendok makan olive oil
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut
  • 1 batang saledri (yang batang besar), iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 sendok makan mentega/margarin
  • garam, merica, gula sesuai selera

Caranya:
  • Tumis bawang dengan minyak zaitun sampai agak layu
  • Masukkan mentega, aduk sampai mentega leleh
  • Masukkan wortel dan saledri, masak sampai saledri agak layu
  • Masukkan canned tomatoes, tambahkan garam, gula, merica
  • Masak hingga saus menjadi agak kental (kira2 10 menit mendidih dengan api kecil)

Saya pribadi lebih senang dengan rasa tomato sauce yang manis jadi biasanya saya menambahkan sekitar 4-6 sendok makan gula. Biasanya kan tomato sauce agak asam, tapi buat saya rasa asam tomato sauce membuat pasta jadi kurang cihuy. Hehehe... Dari basic tomato sauce ini kemudian bisa ditambahkan daging giling atau ayam giling atau seafood, disesuaikan dengan yang mau kita buat.

vegetable lasagna: pan roasted aubergines, pan roasted zuchini & tomatoes

Berdasarkan resep ini, hasil dari tomato saucenya memang jadi banyak sekali. Biasanya saya sih hanya bikin setengah resep saja. Itu saja kadang setengah resep buat saya masih suka kebanyakan karena maklum dirumah orangnya cuma sedikit. Sisa tomato sauce bisa disimpan di kulkas selama 2 minggu-sebulan, tapi pastikan kemasan tempat menyimpan tomato sauce tertutup rapat dan pas disimpan tomato sauce sudah dalam keadaan dingin dan tidak ada uap panas lagi. Tomato sauce sisa bisa juga ditaro di freezer untuk daya tahan lebih lama. 


Happy trying and Buen Provecho!! ^_^





2 comments:

  1. Mbak, canned crushed tomatoes itu apa yah? Apa bisa digantikan dengan buah tomat? Jika yah, pengolahannya dan takarannya bagaimana? Trima kasih

    ReplyDelete
  2. terimakasih artikelnya sangat membantu. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com ada berbagai produk kecantikan dari bahan organik yang sangat aman.

    ReplyDelete