2013/03/18

Terong Gulung

Menyebalkan sekali tinggal di negara yang jenis sayurannya tidak sebanyak di Indonesia. Kita jadi harus putar otak untuk mengolah makanan supaya gak bosan. Tapi yang penting buat saya juga adalah yang simple. Terong. Terong enaknya sih di balado yah. Tapi kan bosen juga di balado melulu. Atau biasa juga dicampur dalam sayur lodeh atau sayur asem. Kali ini saya akhirnya dapat inspirasi bikin terong gulung dari teman Itali saya, Rolled Aubergines! Sounds interesting and sounds delicious. 


Untuk masakan ini saya gak lihat2 resep ataupun tanya resepnya ke teman saya tapi saya kira2 saja bikinnya gimana.

pilih terong yang lebar dan panjang supaya gampang digulung

Bahan:
  • 2 Terong ukuran besar (cari terong yang bonggolnya besar, jangan terong biasa yang bonggol kecil, kalau menggunakan bonggol kecil akan susah gulungnya dan isinya akan keluar2).
  • 300 gr keju cheddar
  • 300 gr keju mozarella
  • 12 slices daging asap
  • 12 slices smoked salmon
  • minyak zaitun
  • tusuk gigi
Cara:
  • Potong tipis terong, kira2 satu terong menjadi 6 slices, kemudian panggang diatas pan dengan sedikit minyak zaitun hingga terong agak gosong dan lemas dikedua sisi.
  • Susun terong kemudian taro diatas terong daging asap, kemudian taburkan keju cheddar secukupnya, kemudian taro smoked salmon diatasnya dan taburkan lagi keju cheddar diatas salmon. 
  • Gulung terong hingga bagian ujung terong bertemu, lalu tusuk dengan tusuk gigi supaya gulungan tidak terbuka.
  • Susun terong yang sudah digulung diatas pinggan lebar dan taburkan keju mozarella diatasnya.
  • Panggang dengan suhu 180 derajat C selama 30 menit atau hingga keju mozarella meleleh dan terlihat agak kecoklatan.
Voila! Gampang kan! Dan hasilnya pun lezat banget! Makanan ini bisa dipadukan dengan fresh salad atau roasted vegetables.


Happy trying & Buen Provecho!! ^_^




No comments:

Post a Comment