2013/03/18

Membuat Fondant dari Marshmallow

Beberapa waktu lalu saya sedang lihat video2 di youtube tentang membuat kue dan tiba2 saya melihat judul yang sangat menarik "How to make marshmallow fondant". Wow!! Saya baru tahu kalau marshmallow bisa dibuat jadi fondant untuk menghias kue. Saya klik videonya dan saya lihat dan jadi sangat tertarik untuk membuat marshmallow fondant! It doesn't seem to be an easy job but i feel very challenged to make it. Well, bukan Mungki namanya kalau gak berexperimen dengan hal2 aneh di dapur. 

Resep aslinya membutuhkan:
  • 450 gr marshmallow putih (kalau bisa yang ukurannya sedang)
  • 4 sendok makan air (suhu ruang)
  • 1 sendok teh vanilla extract 
  • 1 kg gula halus

Yup! I'm not kidding, 1 kg gula halus!!! Gila yah. Tapi karena saya melakukan percobaan dan saya berencana hanya ingin mendekor cupcakes untuk ultah suami saya, dan juga karena disini gula halus lumayan mahal harganya, saya memutuskan untuk membagi 3 resep marshmallow fondantnya, jadi yang saya butuhkan adalah:
  • 150 gr marshmallow
  • 1 sendok makan air
  • 1/4 sendok teh vanilla extract
  • 300-500 gr gula halus (just in case kurang jadi saya sedia banyak juga gula halusnya)

Yang harus dilakukan adalah mencairkan marshmallow di microwave. Jadi taro marshmallow di mangkuk besar (yang bisa untuk microwave) lalu lelehkan selama 1 menit (500w). Marshmallownya gak akan terlalu leleh tapi cukup untuk bisa kita hancurkan. Setelah dikeluarkan dari microwave tambahkan air dan vanilla extract dan aduk hingga rata dan adonan menjadi cukup halus. Jika punya stand mixer yang besar seperti merk Kitchen Aid, pindahkan adonan ke dalam bowl mixer dan aduk dengan mixer. Selama diaduk dengan mixer tambahkan gula halus sedikit demi sedikit, tapi sisakan sekitar 1/3 dari gula halus untuk nantinya kita ulen adonan dengan tangan. Jadi aduk di mixer sampai adonan fondant kaku dan bisa diuleni. 

Kalau tidak punya stand mixer yang besar, seperti halnya saya, saya mengaduk adonan dengan sendok kayu sampai kira2 adonan bisa diulenin. I have to warn you that this is an EXTREMELY STICKY job! Hahahaha.. Kadang saat kita pikir adonan sudah bisa kita uleni eh taunya adonan masih lengket banget jadi lengket sekali di tangan kita. Well, that's what happened to me!! Hahahaha... 

Kesalahan saya waktu itu juga sepertinya saya menambahkan terlalu banyak air dan vanilla extract sehingga adonan jadi terlalu encer dan jadi membutuhkan gula halus yang lebih banyak. Saya pikir dengan 300 gr gula halus akan cukup ternyata membutuhkan lebih dari itu!! Ya ampuuunnn... hahahaha... Saya sudah hampir hopeless karena koq adonannya gak jadi2 dan gak bisa diulenin. Lengkeettt bangeeetttt. Tapi saya terus menambahkan gula halus sampai akhirnya adonan tidak terlalu lengket dan bisa diulen dengan baik. Oh ya, tapi tenang saja resep yang sudah saya bagi 3 ini adalah resep yang sudah disempurnakan jadi semoga tidak gagal lagi. :-p

Satu trick lagi untuk mengurangi supaya adonan lengket di tangan adalah dengan menggunakan mentega. Jadi taro mentega di tengan kita, seperti kalau kita memakai hand cream, dan setelah itu baru uleni adonan fondant. Mentega akan membantu supaya adonan tidak lengket dan jadi lebih mudah untuk diulen. 

Kita juga bisa menambahkan warna pada fondant, campurkan pewarna makanan ke adonan pada sesaat sebelum adonan mau kita uleni. Jadi pas adonan masih agak lengket. Kalau adonan fondant sudah jadi (sudah tidak lengket) pewarna akan lebih susah tercampur ke dalam adonan. Fondant ini bisa langsung digunakan atau jika tidak, simpan di lemari es dengan dibungkus plastic wrap dengan rapat dan kemudian masukkan ke kantong zipper supaya kedap udara.

Resep yang sudah saya bagi tiga kira2 cukup untuk menghias cupcakes, tapi kalau ingin membuat kue yang besar sepertinya harus menggunakan satu resep full. Menurut saya membuat marshmallow fondant ini juga akan sangat menarik untuk kita kerjakan bersama anak2, mereka pasti akan senang sekali berlengket2 ria dan bermain warna saat mewarnai fondantnya.

So, Happy trying!! (kalau emang pengen iseng coba2.. hihihi... )


PS: Sorry gak punya gambar untuk pembuatan marshmallow fondantnya, but you can google it and you can also google it in youtube for a better & clearer explanation. ^_^


No comments:

Post a Comment