2011/04/20

Susu Segar untuk si Buah Hati

Banyak sekali teman2/saudara, terutama yang di Indonesia, kaget kenapa saya kasih Myesha susu segar bukan susu formula (sufor) yang mengandung DHA, EPA, AA, ALA, atau apa lagi gak tau saking banyaknya. Myesha sejak umur 2 bulan memang sudah campur mengkonsumsi sufor, selain ASI yang menjadi asupan utamanya. Gara2nya waktu saat Mye 2 bulan kami kembali dari Belanda ke Indonesia dan saat di Indonesia saya sering sakit2an sehingga terkadang badan terlalu lemas untuk memberi ASI. Walaupun akhirnya ya saya pompa supaya gak kebuang. Tapi disaat ASI saya "kosong" dan Mye haus ya sudah saya kasih sufor. 

Saya ingat sekali saat ikut seminar kesehatan di FKM UI ada pembicara dari Australia dan saat itu membahas soal sufor yang mengandung DHA, dsb. Sang pembicara mengatakan bahwa itu sebenarnya kita dibohongi. Yah, saya gak tau kebenaran yang sebenar2nya, tapi menurut saya jenis sufor di Indonesia itu terlalu banyak dan terlalu berlebihan dalam mempromosikan kandungan2 zat gizi di dalamnya. Iklan2nya pun sangat banyak dan "membabi buta". Berbeda sekali saat saya di Belanda dan Jepang yang tidak ada sama sekali iklan sufor di TV. Jenis sufor pun hanya sedikit, kalau di Belanda kalo gak salah cuma ada 2 merk dan di Jepang ada 3 atau 4 merk, termasuk merk Morinaga yang sangat populer dan yang paling mahal di Indonesia.

Myesha sejak awal di kasih sufor emang dia kurang doyan. Awal2 kasih sufor ke dia itu susah  sampai akhirnya dia mau juga. Tapi itu bertahan cuma sampai dia umur 7 bulanan. Sejak itu kalau kasih sufor ke Mye harus di sendokin dan susunya harus di campur biskuit bayi. Saat pindah ke Jepang, waktu itu Mye umurnya 8,5 bulan, saya pikir dia bakal mau minum susu Morinaga, di Indonesia biasanya Mye pakai Nutrilon, eehhh taunya gak juga. Mana biskuit bayi di Jepang itu beda sama biskuit bayi di Indonesia, jadi Mye tambah susah deh minum susunya. Lalu saya coba susunya dicampur dengan oatmeal, ternyata Mye lebih suka. Horeee.. tapi teteeeppp dikasihnya di sendokin gak mau pake botol. 

Pas Mye hampir menginjak 1 tahun, saya mulai konsultasi ke teman2 saya yang di Belanda dan di Jerman soal susu segar untuk bayi 1 tahun. Berdasarkan mereka, setelah anak2 mereka 1 tahun mereka langsung kasih susu segar bukan susu formula. Rata2 dari mereka punya kasus yang sama, gak suka susu formula. Lalu saya juga mencari tau dari beberapa sumber dan katanya susu segar itu boleh di konsumsi oleh bayi diatas 1 tahun, tapi sebaiknya tidak diberikan ke bayi di bawah 1 tahun. Pemberian susu segar pada bayi dibawah 1 tahun menyebabkan kekurangan vitamin E, zat besi, asam lemak esensial dan menyebabkan kelebihan protein, sodium dan potasium. Konsumsi susu segar untuk bayi dibawah 1 tahun dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga dapat menyebabkan anemia. Selain itu, kandungan protein dan lemak dalam susu segar juga lebih sulit di cerna dan di absorbsi oleh tubuh bayi. Tapi teman saya di Belanda malah kasih susu segar ke anaknya pas umur 10 bulan dan dokter membolehkan. Dokter menyarankan pemberian susu segar secara bertahap untuk menghindari alergi. Jadi pertama adalah 1/4 susu + 3/4 air, kedua 1/2 susu + 1/2 air, ketiga 3/4 susu + 1/4 air dan terakhir baru full susu. Masing2 tahap bisa diterapkan selama seminggu karena biasanya reaksi alergi bakal muncul setelah 3-4 hari. 

Tahapan2 itu juga saya terapkan ke Mye dan berhasill!!! Sekarang Mye doyan banget susu segar & sekarang minum susu bisa 600 cc sehari!!! Plus dengan botol jadi gak repot lagi!! Horreee... :D Tinggal ajarin Mye minum susu pake sedotan aja nih biar tambah gak repot kalau jalan2 jadi gak perlu bawa botol lagi. Hehehe...

4 comments:

  1. Ki artikelnya informatif bgt nih! Skrg gw ga ragu2 jg deh bwt ngasih fresh milk nanti ke Fatir. Ki question, mesti diangetin dulu ga? Fresh milk kan suka kita taruh di kulkas tuh? Trus ga mesti mendidih kan?

    ReplyDelete
  2. Klo gw biasanya susunya di taro di botol terus botolnya di rendem di air mendidih aja fis, krn mye gak suka susu panas jadi rendemnya jg sebentar aja asal gak dingin ajah. :)

    ReplyDelete
  3. halo mbak....saya mau tanya, di jepang sufornya halal nggak ya?
    anakku 3 tahun dan ada rencana mau diajak ke jepang, masih minum sufor walaupun sudah pakai gelas/sedotan.
    makasih blognya, informatif :)

    ReplyDelete
  4. Hi mbak... wah gmn ya saya jawabnya.. karna kalau di negara2 yg komunitas muslimnya sedikit akan jarang banget makanan2 atau resto2 bersertifikat halal, dan setau saya Jepang blom punya badan sertifikasi yg mengeluarkan sertifikat halal. Jadi kalau utk susu formula kalau yg saya suka pakai sih gak ada sertifikat halalnya. Susu UHT pun tidak ada sertifikasi halal.

    ReplyDelete