2011/04/19

Mushrooms

Biasanya kalau belanja saya cuma tau jamur yang buat di masak namanya jamur kancing atau champignon, jamur kuping dan jamur shitake. Kalau di Indonesia sih sepertinya yang populer jenis itu aja.. gak tau juga ya mungkin para ibu2 lain pada lebih tau, saya aja yang gak gaul.. hihihi... Tapi pas di Jepang, baru tau kalau banyak banget jenis jamur buat di masak. Rata-rata blum pernah saya liat di supermarket Indonesia maupun di Belanda. Penasaran banget pengen cobain satu2. Walaupun pas awal gak tau nama2 jamurnya tapi ya di beli aja terus di coba di masak. Biasanya suka lihat di acara masak di tv untuk tau cara masak jamur2 tersebut. Sekarang udah nyoba2 masak jamur di bikin pangsit, di sup, di panggang, pake kuah miso, ala nabe (masak dengan hot pot), di makan pake soba & kuah dashi (kaldu ikan). Oishiii.. :) Ini ada jenis2 jamur yang biasa ditemukan di supermarket Jepang:

Jamur enoki, kayanya ada di indonesia.. jamurnya ringkih banget.. enoki jenis jamur yg menyerap segala rasa.. tp paling enak di masak nabe (masak dengan hot pot) atau di lilit daging tipis & dipanggang.. :)
Enoki

Jamur eryngii (king trumpet), tektur jamurnya alot, jadi harus di suir2 biar gampang di makan.. biasanya saya panggang aja atau dimakan dengan soba & kuah dashi (kaldu ikan).. :)
eryngii

Jamur maitake, jamur ini mirip2 dengan jamur kuping.. bentuknya kaya lembaran bergelombang.. biasanya saya pilih maitake yang putih dan saya masak dengan potongan daging ayam, kuah dashi & ditambah wijen.. wangiiii dan enaaaakkk.. :)
maitake
 
Jamur shimeji, bentuknya bergerombol dengan atasnya kaya kancing.. biasanya suka saya tumis atau di makan dengan soba & kuah dashi juga enak.. Yang ini shimeji warna coklat, ada juga shimeji yg putih.. :)
shimeji

Jamur nameko, bentuknya seperti shimeji tapi warnanya oranye & berlendir.. karena berlendir jadi  blum pernah coba.. hihihi..  soalnya agak geli.. :P  katanya enak dimakan dengan kuah miso.. :)
nameko

Jamur matsutake, bentuknya lumayan besar2, katanya ini king of mushrooms karena punya rasa yang sangat kuat.. agak jarang di supermarket dan harganya mahal..
matsutake



Taken from my Facebook notes published on Wednesday, March 2, 2011

No comments:

Post a Comment