2011/04/22

Di Atsugi Tanpa Teman Setanah Air

Jepang… gak pernah sebelumnya kepikiran kalau bisa tinggal di negara yang namanya Jepang. Saya juga bukan tipe pencinta anime atau manga, jadi gak pernah ada interes dengan Jepang kecuali dengan bunga sakura-nya. Pas pertama suami bilang kalau diterima kerja di NTT Basic Lab. Jepang juga gak percaya. Ini smua baru banget buat saya, apalagi bahasanya.

Atsugi, kota kecil tempat saya tinggal sekarang, kira2 2-3 jam naik kereta dari Tokyo. Kotanya nyaman dan tenteram tapi ternyata gak ada komunitas orang Indonesia disini. Dari info yang didapat suami dari milis PPI Jepang, ada yang tinggal dekat Atsugi, kira2 4 atau 5 stasiun kereta dari Atsugi. Pas baru datang kita juga alami beberapa hambatan, terutama komunikasi, karena kita datang ke jepang dengan modal nekad tanpa les bahasa jepang dulu & padahal di jepang, apalagi Atsugi yang kota kecil, jarang banget yang bisa bahasa inggris. Hp yang kita bawa dari indonesia ternyata gak bisa dipakai karena jepang beda jaringan dengan di indonesia. Kita baru bisa punya Hp & nomor baru juga koneksi internet setelah dapat ID card, yaitu nunggu dulu sampe 2 minggu. Selama 2 minggu itu kita gak bisa komunikasi ke Indonesia, boro2 mau kabarin orang tua, kita komunikasi di dalam jepang aja susah. Setelah punya Hp dan koneksi internet, masalah lainnya adalah gak punya adapter colokan jepang. Suami saya udah ngubek2 seantero Atsugi dengan jalan kaki, naik sepeda, naik bis.. tapi gak ada, katanya harus cari ke Shinjuku ato ke Yokohama (kira2 1-2 jam dari Atsugi). Akhirnya suami terpaksa “ngembat” adapter dari kantor supaya bisa nyalain laptop dan kirim kabar ke Indonesia. Selama 2 minggu juga kita gak punya lampu di kamar tidur karena qt bingung dengan jenis lampunya, qt foto saklar lampu & qt tunjukin ke toko elektronik, eh mereka bilang gak punya. Entah gak punya atau gak ngarti. Akhirnya qt dapat lampu dari teman kantor sekaligus tetangga yg orang Korea. Alhamdulillah ada yang nolong kita.

Gara-gara gak kasih kabar selama 2 minggu, ibu mertua saya bingung cariin qt sampai minta tolong ke sana sini untuk cari koneksi ke kita. Orang tua saya sampai lapor ke Deplu kalau ada WNI di Atsugi yang butuh perlindungan. Kakak saya yang di KBRI Santiago, Chile, sampai kirim kawat ke KBRI Tokyo kabarin bahwa kami hilang. See how big is the impact? Di saat kita "ngilang" banyak saudara yang kirim email & nulis di wall facebook kita tanya keadaan dan keberadaan kita. Tapi gimana mau balas, nyalain laptop aja gak bisa... Sedihnya mereka banyak bilang "kasihan tuh ibu, mami & papi cariin kalian". Kita selama 2 minggu juga resah gak bisa kirim kabar, kita bukan foya2, bersenang2 sampai lupa kasih kabar... tapi keadaan kita emang sulit. Kita gak minta dikasihani tapi kita cuma minta dimaklumi & berharap saudara2 kita bisa berempati dengan keadaan kita, tapi jangan mengeluarkan kata2 yang berkesan kita ini tidak peduli dengan orang tua kita.

Setelah bisa berkomunikasi lewat internet, saya coba cari koneksi teman & informasi dengan daftar diri di milis PPI Jepang, walaupun suami udah ikut milis itu, karena dia gak selalu bisa buka email selain email kantor di kantornya jadi saya lah yang harus aktif di milis, seperti yang udah biasa saya lakukan pas di Belanda juga. Tapi ternyata saya harus terima kalau saya di reject sama mereka. Sang moderator milis baru balas request saya 1 bulan setelah saya daftar untuk memperkenalkan diri. Katanya saya harus isi data base dulu baru bisa join. Lah tapi kemudian ada email selanjutnya yang bilang kalau saya gak bisa join milis itu karena: 1. Waktu untuk isi data base udah expire (padahal katanya expire kalau sudah seminggu, itu email suruh isi database sampe hari minggu & saya cek email hari senin, blom expire donk!!!). 2. Bukan mahasiswa di jepang (intinya saya hanya ibu rumah tangga biasa yang gak kompeten ikutan milis PPI jepang) 3. Tidak berada di jepang (gak tau harus komen apa lagi...).  Dari sini akses informasi & komunikasi dengan komunitas Indonesia di Jepang jelas2 di cut.

Abis itu beberapa saudara & teman suggest beberapa temannya di facebook untuk saya add supaya saya punya teman orang Indonesia biarpun lokasinya jauh2. Orang2 tersebut saya add dan saya sapa duluan di wall-nya untuk memperkenalkan diri. Tapi ternyata sia2 karena sapaan saya gak dibalas. Kalau saya tanya2 juga gak di jawab. So, buat apa saya add & saya sapa ya kalau akhirnya gak membantu juga???  

Setelah 3 bulan di Atsugi, secara gak sengaja ketemu orang Indonesia!! Wah akhirnyaaa… dia jg senang banget ketemu kita karena dia udah 1 thn di Atsugi & gak pernah ketemu orang Indonesia. Dia nikah dengan orang jepang, tapi dia gak bisa bahasa jepang, lumayan lah saya jadi ada kenalan orang Indonesia di kota kecil ini.  Jadi selain keluarga dari Korea yang suka bantu kita, orang Indonesia yang cuma 1 orang, ada juga tetangga orang jepang di lantai 3 yang bisa bahasa inggris. Lumayan jadi kalau ada apa2 saya bisa hubungin tetangga yang di lantai 3 itu. Tapi sayang, kira2 seminggu yang lalu tetangga saya itu pindah ke Tokyo karena kantor suaminya pindah kesana.

Suatu hari pas kita jalan2 ke Odawara naik kereta, gak sengaja ketemu dengan cewe jepang yang nikah dengan orang amerika & lagi sama ibu sang cowo juga. Kita di kereta ngobrol2 & dalam waktu yang singkat kita tukeran email & nama ID di facebook. Sejak itu saya sama teman jepang itu sering komunikasi lewat facebook & bahkan bulan lalu kita udah berkunjung ke rumah ortu temen saya itu di Tokaidaigakumae, 4 stasiun kereta dari Atsugi. Jadi dalam waktu singkat (12 menit perjalanan di kereta) saya menemukan seorang teman yang sangat baik. Dia juga bantu saya kalau saya butuh kalimat2 singkat dalam bahasa jepang. Pas dirumah saya ada masalah kebocoran air, saya juga akhirnya telepon dia supaya dia yang jelasin ke orang maintenance apartemen soal masalahnya. Saya gak sangka dia peduli & baik sekali sama kita. I feel so lucky to meet her at that day.

Pelajaran yang harus selalu di ingat adalah, if you believe in God, in my case I believe in Allah, pasti akan selalu datang bantuan bagaimanapun kesulitan kita. Walaupun kita gak bisa bahasa setempat, gak punya teman atau sodara setanah air yang bisa bantu, toh saya akhirnya bisa ketemu sama seorang teman dengan cara yang unik. Kita gak perlu selalu berharap dapat teman yang setanah air kalau kita sedang di rantau, karena kadang teman yang dari negara lain mungkin akan lebih baik & selalu bersedia menolong tanpa pamrih. Kita selalu akan nemu cara untuk survive dimanapun kita berada asal tetep positive thinking & mau berusaha untuk survive, gak cuma diem aja pasrah nunggu pertolongan dari langit.


Taken from my Facebook notes published on Tuesday, Feb 22, 2011

No comments:

Post a Comment