2011/04/19

Mana Tong Sampahnya Ya??

Ada pemandangan yang berbeda saat tinggal di Jepang. Gak seperti negara2 maju lainnya, biasanya dijalanan banyak sekali tersedia tong2 sampah. Mungkin setiap beberapa ratus meter pasti ada tong sampah. Tapi di Jepang tong sampah hanya tersedia di depan pintu masuk supermarket atau di depan pintu masuk mall, terkadang ada juga di stasiun kereta tapi jaraaaanngg sekali. Tong sampah yang tersedia juga dipisahkan antara yang "combustible", "paper", "plastic/PET bottles" dan "can/glass". Tong sampah untuk PET bottles & can/glass sih selalu tersedia di sebelah vending machine minuman. Tapi untuk sampah2 yang lainnya itu loh yang susah. Jadi kemana2 kalau pergi itu terpaksa selalu sedia plastik untuk tempat penyimpanan sampah sementara. Mungkin kalau di Indonesia sih udah langsung dibuang aja ya di jalanan. Disini ada juga sih yang suka buang aja gitu sembarangan, tapi mereka jarang sekali melakukan itu. 

Pertanyaannya, kenapa ya koq gak tersedia tong2 sampah di jalanan??? Mungkin, ini mungkin loh, perkiraan saya dan suami saja, karena di Jepang itu tidak ada yang mau melakukan pekerjaan kasar seperti menyapu jalanan, membersihkan tong2 sampah di jalanan, membersihkan toilet umum (kecuali mungkin toilet di tempat2 "mewah"). Coba aja deh ke toilet umum di Jepang, ya ampuuunnn itu bisa kotor banget & bau banget, apalagi yang di pinggir2 jalan gitu. Kayanya pas jalan2 di Paris aja toilet umumnya masih ada yang ngurus deh, biarpun harus bayar tapi setidaknya diurus. Di Spanyol, telepon umum aja dibersihkan, disikat dengan sabun segala. Di Belanda halte2 bis dibersihkan kaca2nya. Pantes aja di Jepang halte bis itu cuma papan aja, jarang yang ada shelternya.

Kayanya saking gak ada yang mau kerja kasar pun, yang kerja untuk sapu2 atau bersih2 di restoran2 fast food dan di supermarket itu orang2 yang sudah tua. Aduuuhhh saya sampai gak tega melihatnya. Jepang kan negara maju ya.. koq jadi kaya di Indonesia ya yang kerja2 kaya gitu itu masih ada aja orang yang sudah tua. Ya kalau di restoran2 fastfood kan biasanya emang kita harus beresin sendiri bekas makanan kita, tapi kan abis itu pasti suka ada yang lap mejanya, nah karena gak tega ama bapak2 tua yang kerja disitu ya udah saya coba untuk lap meja juga dengan tissue basah saya. Atau... mungkin gak sih... orang tua tersebut bekerja hanya untuk mengisi waktu?? Semoga aja begitu ya...

1 comment: