2011/08/23

Ramadhan & Idul Fitri di Rantau

Kali ini bukan pertama kalinya saya mengalami ramadhan dan idul fitri jauh dari tanah air. Bahkan tahun lalu pun saya & suami saya hanya ber-idul fitri satu hari di Indonesia dan hari berikutnya sudah harus berangkat ke Jepang. Kangen pastinya suasana lebaran di Indonesia yang ramai dengan gema takbir, bedug, makanan2 khas lebaran & pastinya kue2 lebaran. Kalau saya bisa bikin sih mungkin saya bikin sendiri kue2 lebarannya, tapi apa daya gak punya mixer & oven!! Hahahaha... 

Sejak kecil, sejak umur 10 tahun saya sudah mengalami puasa di Madrid, Spanyol. Saya mengalami 3 kali ramadhan & idul Fitri di Spanyol. Saat itu puasa di daerah Eropa masih enak karena kala itu musim dingin jadi puasanya tidak terasa karena waktunya pendek. Sahur sekitar pk. 5.30 atau 6 pagi saja karena subuhnya sekitar 6.30. Buka puasanya sekitar pk. 6 sore. Waktu puasa juga tidak terasa karena saya sekolah dari pk. 9 pagi sampai pk. 6 sore. Well, pastinya ada istirahat siangnya dari pk. 1 siang sampai pk. 3. Biasanya kan kalau pulang istirahat siang saya makan siang, tapi kalau puasa ya di rumah jadi bengang bengong aja gak jelas. Hihihihi... Paling2 kalau belum menyelesaikan PR untuk kelas yang sore ya dikerjakan saat jam istirahat. Waktu itu saya berpikir kalau seandainya saya harus puasa di musim panas saat lagi di eropa gimana ya?? Soalnya subuhnya bisa pk. 3an dan buka puasa mungkin hampir pk. 10 malam.

Ternyata saat saya dewasa gak sangka saya mengalami yang namanya puasa lebih panjang daripada di Indonesia. Tiga tahun yang lalu saya ikut suami saya ke Belanda dan saat itu lah pertama kali saya merasakan puasa kira2 15-16 jam. Jadi saat itu subuh sekitar pk. 4 lalu buka puasa pk. 8 malam. Untungnya pergeseran waktu subuh dan buka puasa cukup cepat jadi makin lama subuhnya sekitar pk. 5 dan buka puasa sekitar pk. 7 malam. Tapi saat itu mungkin rasa lapar masih bisa di tahan tapi hausnya itu loooohhhh.. Mana musim panas... haddeeehhh... Tahun kedua saya di Belanda, dengan waktu puasa yang lebih panjang lagi, saya sedang hamil jadi saya memutuskan untuk tidak puasa karena takut2 akan menganggu kehamilan saya, jadi yang puasa hanya suami saya saja. Alhamdulillah suami saya sangat pengertian, kalau saat sahur biasanya dia tidak menyuruh saya ikutan bangun, dia bilang biar saja dia yang nanti siapkan sendiri, jadi saya bisa tenang2 tidur. 

Tahun ini ramadhan di Jepang dengan suasana yang baru tapi tetap waktu puasanya panjang sekitar 16 jam. Subuh sekitar pk. 3 dan buka sekitar pk. 7 malam. Makin lama sih waktu puasanya bergeser semakin pendek, alhamdulillah. :)  Kebetulan saat ini musim panas dan ternyata panasnyaaaaa... ampooonnn... bikin kering tenggorokan. Ya saya sih gak ngalamin sendiri karena saya sedang hamil, jadi saya tidak puasa. Hmm.. sepertinya saya selalu terselamatkan dengan hamil ya saat terkena puasa yang panjang? Hehehehe... Tapi kenapa saya bisa bilang kalau bikin kering tenggorokan? Ya karena buat saya yang gak puasa aja haus terus, saya ngebayangin gimana yang puasa... Saya aja masih bisa minum masih merasa kehausan terus2an.

Dulu saat masih kecil puasa di Spanyol, saya tidak mempersiapkan apa2 untuk sahur ataupun untuk berbuka karena ibu saya yang mempersiapkan semua. Tapi saat di Belanda karena sudah menikah ya saya yang harus siapkan semua. Untungnya kalau di Belanda bahan2 makanan Indonesia masih sangat mudah ditemukan, jadi kalau mau bikin kolak, es buah, dsb bisa dengan gampang beli bahan2nya di toko asia. Di Belanda saya masih bisa menemukan kolang-kaling dan pisang raja. Sayangnya di Jepang, di toko bahan2 makanan asia yang biasa saya kunjungi tidak terlalu lengkap jadi agak susah tuh cari pisang raja untuk di bikin kolak & kolang-kaling kesukaan saya pun tidak ada.

Pas di Spanyol sering2 saya buka puasa di sekolah, pas banget pas jam keluar sekolah pas waktu magrib. Jadi biasanya saya membawa permen & minum air saja pas keluar dari sekolah lalu bergegas pulang untuk segera menyantap hidangan buka puasa yang disiapkan ibu saya. Tapi saat di Belanda, pas saya puasa, saya buka puasa sendiri dirumah, biasanya suami saya belum pulang pas saatnya buka puasa. Suami saya memang biasanya sampai rumah diatas jam 8 malam. Jadi ya saya buka puasa dulu tapi makan malamnya baru deh nunggu suami pulang. Kalau kaya saat ini, suami saya juga selalu buka puasa di kantor, tapi dirumah saya tetap buatkan es buah atau kolak atau menu favorit saya dari tahun ke tahun (sekarang jadi favorit suami saya juga) & merupakan makanan buka puasa khas ayah saya yaitu es alpukat coklat-kopi... :D  Beruntung juga di Jepang ini saya masih bisa menemukan timun suri walaupun timun surinya tidak semanis & seempuk di Indonesia, juga ukurannya kecil, hanya 1/3 dari timun suri yang di Indonesia.

sekecil ini harganya 100 yen (11rb rph).. kurang manis & kurang matang pula.. :(
Oh iya saya ingat pas di Belanda saya menemukan buah yang sejenis blewah, tapi namanya "piel de sapo", sepertinya mereka entah import dari Spanyol atau Mexico, padahal "piel de sapo" itu dalam bahasa spanyol artinya "kulit kodok". Hahahaha... Tapi si piel de sapo itu maniiiiisss sekali, airnya juga banyak saat kita kerok buahnya. Jadi untuk membuat es buah piel de sapo gak perlu tambahan air dan gula karena sudah alami mengandung banyak air & manisnya alami.

sekilas piel de sapo ini seperti campuran melon & timun suri, tapi rasa seperti blewah... :)
Saat di rantau gini, biasanya kalau kita tinggal dekat dengan KBRI kita bisa berbuka puasa bareng di KBRI setiap weekend. Saya ingat dulu di Spanyol saat weekend ibu saya bersama ibu2 Dharma Wanita itu sibuk mempersiapkan makanan berbuka puasa untuk acara buka puasa bareng orang2 KBRI dan WNI. Seandainya dulu pas di Belanda dan sekarang di Jepang kita tinggal dekat dengan KBRI mungkin kita juga menyempatkan waktu untuk berbuka puasa bersama dan menyantap masakan Indonesia. Sayang pas di Belanda dulu kita tinggal jauh dari Den Haag. Enschede itu sekitar 3 jam naik kereta dari Den Haag. Sekarang, Atsugi kira2 2 jam naik kereta ke KBRI di Tokyo. 

Enaknya pas di Belanda, karena ada banyak mahasiswa & istri2 mahasiswa tinggal di Enschede, biasanya kita suka bikin buka puasa bersama hampir tiap weekend di salah satu rumah, entah rumah WNI yang ada di Enschede atau rumah salah satu mahasiswa yang berkeluarga. Saya juga sangat ingat ada Ibu Dewi yang tinggal di Hengelo (kira2 30 menit dari Enschede) dan beliau suka mengundang mahasiswa untuk buka puasa bersama. Wah kalau kita makan2 di rumah Ibu Dewi kita sudah kaya pesta pora, makan membabi buta seperti berbulan2 tidak makan. Makanan Ibu Dewi memang enak sekali, rasa khas Indonesianya kental sekali, terutama masakan sundanya. Jadi kalau kita makan makanan Ibu Dewi itu bisa menghilangkan rasa kangen kita terhadap masakan Indonesia. 

Bagaimana suasana saat Idul Fitri di rantau? Dulu sih pas di Spanyol enak ya, karena ayah saya kerja di KBRI ya hari liburnya mengikuti kalender libur Indonesia. Jadi pas lebaran itu biasanya kita sholat Ied di KBRI atau di Wisma Duta setelah itu silaturahmi juga menyantap masakan lebaran di KBRI/Wisma Duta. Rasa lebarannya masih terasa cukup kental karena kita dikelilingi orang2 Indonesia juga & bisa makan masakan lebaran. Saya juga ingat kalau menjelang Idul Fitri saya suka pasang hiasan ketupat warna-warni di pintu rumah, ikut2an kaya orang suka pasang hiasan Natal pas Natalan. Hahahaha... 

Kalau pas di Belanda, karena suami saya kerja dengan universitas setempat dan mengikuti kalender libur orang Belanda jadi pas hari lebaran, jika lagi tidak harus presentasi atau conference ya bisa cuti, tapi apesnya kalau memang ada rapat penting, presentasi atau conference ya tidak bisa cuti jadi tidak bisa sholat Ied di masjid terdekat deh. Untuk perayaan Idul Fitri bersamanya pun kadang2 agak tertunda karena para mahasiswa juga mempunyai kesibukan sendiri2 jadi kadang tertunda sampai weekend dan weekend baru deh kita kumpul bareng untuk makan2 bersama. Biasanya kita mengumpulkan uang dan lalu memesan catering ke ibu2 WNI yang sudah lama menetap di Enschede atau sering2 sih pesan ke Ibu Dewi. Kadang kita juga suka bagi2 tugas seperti siapa yang membuat lontong, siapa yang membuat sayur godog, siapa yang membuat gulai, siapa yang membawa minum, dsb. Tapi biasanya sih kalau bagi2 tugas gitu kita yang berkumpul hanya teman2 dekat saja, jadi gak seluruh mahasiswa ikutan.

ketupat sayur seadanya saat Idul Fitri tahun 2009 di Enschede... :)
Sepertinya untuk Idul Fitri tahun ini tidak akan ada kumpul2 karena di Atsugi sendiri tidak ada teman muslim lainnya. Kalau mau ke KBRI juga tidak bisa karena paasss banget di hari Idul Fitri, suami saya harus pergi conference selama 3 hari. Yah lebaran berdua aja deh ama Mye dirumah. Yang tadinya mau masak2 juga jadi gak semangat wong gak ada yang makan. Hahahaha... Well, hal kaya gini sepertinya gak perlu dikeluhkan juga kali ya.. karena udah beberapa kali Idul Fitri seperti ini jadi ya sudah terima saja. Mungkin kalau diluar sana ada teman yang merasakan hal yang sama dengan saya saat Idul Fitri tahun ini dan banyak berkeluh kesah... don't be!! Tetap bersyukur karena masih dikasih Idul Fitri tahun ini dan semoga masih juga dapat ber Idul Fitri dengan keadaan yang lebih baik di tahun depan.. :D


1 comment:

  1. *tepuk2 bahu Mungki*
    Iya nih pas lebaran di negeri orang gini, baru deh berasa kangeeen banget ama suasana di Indonesia. Gw harus bersyukur masih bisa merayakan bareng mahasiswa2 indonesia di kampus yg jumlahnya lumayan banyak, huhu dirimu kesepian ya mung..Sabar ya :)

    opie

    ReplyDelete