2011/08/09

Si Putih VS Si Hitam

freecomputerwallpapers.net
Hari ini saya membaca berita seputar seorang artis Indonesia di sebuah media online. Kebetulan artis tersebut memiliki kulit berwarna sawo matang, tapi menurut saya itu dia cantik & eksotis. Artis Indonesia dengan kulit sawo matang tidak hanya ada satu di Indonesia, tapi banyak sekali. Model2 catwalk Indonesia atau foto2 model Indonesia juga banyak yang berkulit sawo matang dan cantik2 juga eksotis. Sayang sekali kalau baca kolom komentar dari masyarakat pembaca berita tersebut itu bikin sakit mata dan bikin geram saja karena tidak sedikit yang menuliskan kalau mereka itu "item, dekil, jelek, tidak putih dan tidak cantik" kata mereka "eksotis dari mana?". Buat mereka wanita cantik itu hanya yang berkulit putih saja. Sayang sekali, mereka yang berpendapat demikian kalau menurut saya mereka "dangkal" sekali pemikirannya. Untungnya masih ada yang berpikiran "jernih" dan mengatakan kalau tidak bijak kita mengatakan orang lain seperti itu, belum tentu juga orang2 yang berpikiran "dangkal" itu lebih cantik dari si artis.

Tidak usah artis yang dikomentari kulitnya gelap. Anak saya, Mye, memiliki kulit yang gelap, beda rona kulitnya jauh dengan kulit saya yang putih. Sampai2 orang2 suka meledek kalau Mye bukan anak saya karena kulitnya yang gelap. Bahkan kalau bertemu saudara pun kadang saya harus menahan diri untuk tidak emosi karena setiap bertemu pasti menerima komentar yang sama: "Duh kulitnya item ya, gak kaya bundanya" "Nanti kalau sudah besar pakai pemutih kulit ya"  atau "Nanti ke dokter kulit saja kalau sudah besar, suntik vitamin C, dll supaya putih, tuh seperti artis si A dulu item sekarang putih loh". Yah, mungkin kalau saya milyader sekalian saja ya saya permak abis2an anak saya biar cantik banget terus bisa jadi artis terkenal. (>_<) Doh!!

Saya salut sekali dengan para model2 tersebut yang masih mempertahankan rona kulit mereka yang asli dan tidak mencoba mengubahnya menjadi putih, tapi mereka bisa membuktikan bahwa kulit gelap juga bisa terlihat sehat & cantik. Kadang beberapa artis yang tadinya berkulit gelap lalu menjadi putih tetep aja loh diomongin, misalnya ada kata2 seperti "Ih dulu kan dia item gitu, sekarang aja dia putih karena udah jadi artis". Towewew!! @_@  Itu mah emang pada dasarnya sirik tanda tak mampu kali ya... hehehehe... 

Saya ingat ada teman sepupu saya yang memiliki rona kulit gelap. Setelah sekian lama gak melihat dia, lalu saya melihat dia di foto dalam Facebook sepupu saya. Dia terlihat cantik sekali dengan kulit eksotisnya itu, ditambah lagi dia sekarang pintar berdandan dan merawat tubuh & kulitnya menjadi cihuy banget. Saya sampai2 jatuh cinta melihat dia... Hahahaha... Bahkan sepupu saya juga bilang kalau dia juga jatuh cinta sama temannya yang udah bermetamorfosa jadi cantik eksotis itu... Hihihihi... 

Kalau di negara2 Eropa seperti Spanyol dan Belanda, ini saya ambil contoh negara2 yang pernah saya tempati saja ya. Disana mana ada tuh lotion pemutih badan atau lotion/cream pemutih wajah. Yang ada kalau summer malah mereka menjual krim tanning atau krim penggelap kulit saking mereka pingin kulitnya itu lebih gelap seperti mayoritas wanita Asia. Kebanyakan orang2 yang saya ceritakan kalau di Spanyol dan Belanda tidak ada krim pemutih dan yang dijual malah krim penggelap kulit karena mereka ingin lebih hitam gak percaya tuh sama cerita saya. Hmmm.. coba deh teman2 yang baca tulisan ini dan lagi tinggal di negara Eropa, ada yang bisa komen kalau saya benar? Hehehe... Bahkan ada tetangga ibu kos saya dulu di Belanda yang orang Suriname, dia kepingin sekali menjadi putih, tapi karena di Belanda tidak ada krim pemutih, sampai2 nitip krim pemutih wajah dari Indonesia gara2 gak ada di Belanda. 

Sebenarnya tidak benar bahwa semua cewe bule itu menginginkan kulitnya menjadi putih banget dan tidak benar juga bahwa laki2 bule itu lebih memilih cewe2 dengan kulit putih. Buktinya saya punya banyak sekali teman wanita yang menikah dengan bule dan mereka tidak semua berkulit putih loh. Rata2 memiliki rona kulit Indonesia asli, yaitu sawo matang. Di Indonesia aja tuh kita dicekokin abis2an dengan iklan2 krim pemutih dengan menampilkan cowo bule yang bilang kalau mereka lebih memilih kulit putih karena dianggap lebih cantik.

Tapi sama dengan di Indonesia, Jepang adalah negara dimana cewe2nya tergila2 untuk menjadi putih. Disini krim pemutih merajalela dimana2. Dari segala macem merk, jenis (lotion, toner, krim), dengan SPF yang tinggi, dsb. Mereka memang bener2 mau menjadi putih tih tih tih... Tapi sebenarnya pada dasarnya sih rona kulit alami mereka memang sudah putih, jadi saya heran kenapa koq tetep ya maunya putiiiihhh sekali. Kadang saya malah suka melihat kalau cewe terlalu putih yang ada jadi pucat, apalagi kalau gak pintar2 make-up.

Allah menciptakan setiap manusia itu unik, tidak ada yang sama. Allah juga memberi rona kulit kepada setiap manusia bukan buat dicela2 & Allah yang paling tau yang terbaik buat setiap manusia yang diciptakannya. Menurut saya sih, mau kulit putih atau gelap yang penting kita itu pintar2 merawat kulit kita supaya sehat & cantik. Walaupun rona kulit putih tapi bersisik kan jelek, walaupun rona kulit gelap tapi sehat dan cerah kan jadi bagus. Saya sendiri berkomitmen untuk bisa membuat anak2 saya mencintai apa yang dimilikinya, tidak usah komplain sana komplain sini, tidak usah mendengarkan kata orang ini, kata orang itu. Semoga aja saya bisa berhasil ya, soalnya kayanya kalau di Indonesia pasti saya tetep mendengar komentar2 tidak sedap didengar itu. ^_^v



1 comment: