2013/02/14

Mendadak Bikin Blueberry Almond Muffin

Minggu lalu saya baru menyadari kalau saya masih punya frozen blueberries sekitar setengah bungkus lagi (dari total satu bungkus 500 gr) dan si bungkusan frozen blueberries emang agak annoying di freezer karena jadi menuh2in isi freezer saya. Akhirnya saya mencoba untuk cari resep untuk membuat kue dengan blueberry, well, tentu dengan syarat si resep tidak susah dan tidak makan waktu banyak karena pasti saya bakal riweh dengan dua bocah di rumah sendirian. 

Kebetulan juga sebenernya saya ingin menggunakan almond kiriman dari ibu mertua di Jakarta. Waktu itu saya mendapatkan satu kantong besar almond dan saya bingung harus bagaimana habisinnya. Akhirnya saya menemukan resep yang oke banget nih dari hasil googling di internet: 

Bahan: 
  • 1 cup (128 gr) terigu serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/4 cup (57gr) mentega/margarin
  • 1/2 cup (100gr) gula butir halus
  • 1 buah pisang (dihancurkan dengan garpu) atau 1 telur
  • 1/4 cup (60ml) susu cair non fat
  • 1/2 sendok teh vanilla extract
  • 1/4 cup almond utuh (haluskan dengan blender)
  • 1/2 cup frozen blueberries (saat dikeluarkan dari freezer cuci dengan air hangat agar blueberry lembut/tidak keras dan taburkan terigu agar tidak menempel satu sama lain).
Cara: 
  • Campur terigu, baking powder, garam.
  • Kocok gula dan mentega sampai lembut. Tambahkan telur ATAU pisang, susu dan vanilla extract.
  • Masukkan campuran adonan terigu.
  • Masukkan almond bubuk.
  • Masukkan 1 sendok makan adonan ke dalam cup muffin lalu tata beberapa buah blueberry diatasnya (sekitar 3-4 buah), kemudian tambahkan 1 sampai 1,5 sendok makan adonan lagi diatasnya dan tata kembali sekitar 5-6 buah blueberry diatasnya. Metode ini dilakukan supaya blueberry tidak numpuk dibagian bawah muffin.
  • Panggang muffin dengan oven 180-200 derajat celsius selama sekitar 30 menit. 
Di resep ini katanya kita bisa menggunakan telur ataupun pisang, dan saya sengaja membuat muffin ini tidak menggunakan telur karena kebetulan (lagi-lagi kebetulan yah.. :p ) saya punya sisa pisang yang sudah terlalu matang, jadi daripada tidak termakan lebih baik saya pakai saya buat muffin ini and it turned out terrific!! The taste is fantastic and the muffin is moist!! Balance rasa antara pisang, blueberry dan almondnya pas banget dan muffin ini tidak terlalu manis and this is one healthy muffin recipe for your family. Untuk menghasilkan bagian atas muffin yang "bercahaya" bisa juga taburkan gula halus diatasnya sesaat sebelum masuk oven. ^_^

Happy trying & Buen provecho!!





No comments:

Post a Comment