2013/02/27

Matcha's 1st Bday Cake

Time flies soooo fast and now my little man is 1 year old!!! Happy Birthday Matcha!!! Saya excited banget menjelang ultahnya Matcha dan sekitar sebulan sebelum Matcha ultah saya sudah berpikir untuk membuat kue ultah yang sehat dan bisa dimakan oleh Matcha. 

Biasanya kan kalau pesta ultah yang menikmati pesta ultah ya orang tuanya dan tamu2 atau anak2 yang sudah mengerti konsep pesta ultah. Sedangkan yang berulang tahun sendiri, karena masih 1 tahun, saya rasa belum mengerti apa arti pesta ultah untuk mereka. Makanya sama seperti saat Mye ultah pertama dan kedua kami memutuskan untuk belum saatnya bikin pesta ultah, tapi kita hanya merayakannya dirumah saja berempat. Tapi sama seperti saat Mye ultah, saya selalu membuat kue ultah, bedanya kali ini saya ingin membuat kue yang bisa dimakan oleh sang anak. So it is a healthy birthday cake specially made for babies to eat. ^_^

Resepnya? Gampang, cari aja di internet. If you know google, you can search anything in google!! Just google "healthy 1st birthday cake" and you will find lots of links you can click on. ^_^  Setelah mencari2 resep kue yang kira2 bisa saya bikin karena bahannya mudah didapat disini, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Pumpkin Apple Harvest Cake. Katanya si kue itu diciptakan oleh Cat Johnson, penulis buku Witch in The Kitchen. Saya memilih kue ini karena tidak menggunakan applesauce sebagai pengganti gula. Bukannya saya tidak mau memakai applesauce, tapi karena saya tidak bisa menemukannya di toko internasional di Atsugi City. Hahahaha.. Rata2 resep kue yang saya lihat menggunakan applesauce jadi saya mencari yang tidak memakai applesauce tapi menggunakan brown sugar biasa. Sebagian resep juga menggunakan whole wheat flour atau terigu gandum utuh, jadi bukan terigu biasa yang berwarna putih tapi terigunya berwarna kecoklatan. Lalu biasanya resep kue sehat biasanya mengganti mentega/margarin dengan minyak sayur (paling bagus jika menggunakan canola oil).

ini whole wheat flour yang saya gunakan, disini dijual dua jenis, yang warnanya lebih terang (kanan) dan lebih gelap (kiri).
Nah ini dia resep si kue: 
Bahan:
  • 1 cup puree labu kuning
  • 2 telur ukuran besar
  • 3/4 cup (165gr) brown sugar
  • 3/4 cup (96gr) whole wheat flour
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh jahe bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 cup apple (sekitar 1/2 apel ukuran sedang), dipotong halus
  • 1/2 cup kacang walnut/pecan/almond giling kasar
Cara:
  • kocok telur dengan gula hingga mengembang,
  • tambahkan puree labu  kuning, aduk hingga merata
  • masukkan terigu yang sudah diayak dengan kayu manis bubuk, baking powder, jahe bubuk dan garam,
  • tambahkan potongan apel dan kacang 
  • masukkan di loyang bulat diameter 20 cm yang sudah diolesin mentega dan ditaburi terigu, kemudian panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama sekitar 30 menit.
tampilan kue sebelum di dekor
Untuk mendekor kuenya saya membuat cream cheese frosting dan kacang M&Ms juga marshmallow.
Untuk resep cream cheese frosting, mix dengan mixer selama 7 menit:
  • 250gr cream cheese
  • 100gr mentega
  • 100gr gula halus
  • 1 sendok makan susu cair
Saya membelah kue menjadi dua lapisan dan ditengah lapisan saya oleskan cream cheese, kemudian bagian luar kue ditutup seluruhnya dengan cream cheese. Oh ya, saya membelah kue ini dengan menggunakan benang. Yup! Benar, benang!! Saya mendapat ide ini dari sepupu saya yang dulu membuatkan kue "green forest" untuk ultah saya. Hahaha... Jadi ambil sehelai benang, lingkari kue dengan benang, setelah ujung2 benang bertemu, ikat, lalu tarik benang hingga kue terbelah dengan sempurna. That is easier than doing it with a knife! And it came out so perfect! Woohooo! ^_^

This is it! Matcha's bday cake ^_^

inside the cake
Oh iya, cream cheese frosting ini rasanya tidak terlalu manis jadi pas untuk kue pumpkin ini yang menurut saya terlalu manis. Mungkin jika saya bikin kue ini lagi saya akan mengurangi gulanya menjadi 1/2 cup (110gr) saja. Kuenya sangat aromatic dari wangi kayu manisnya dan rasanya penuh dengan rempah. Don't forget, be creative to decorate your cake! You can also use anykind of mold shape to create cute cakes. Owh, last but not least, let your baby smash the cake and let them get dirty, it is their day and that's the essence of being a 1 year old baby, rite? Hahahaha... 

Happy trying & Buen provecho!! 









1 comment:

  1. tfs :) kira2 kalo dikukus bisa gak ya mba?

    ReplyDelete