2013/02/26

My Winter Minestrone

Sejak nemu toko internasional yang cihuy banget di Atsugi City, saya jadi sangat bersemangat untuk mencoba resep2 masakan internasional. Sejak punya microwave oven juga saya jadi tambah bersemangat mencoba bikin2 kue. Hahaha... Minestrone soup, mungkin banyak yang kurang familier dengan masakan ini. Sup ini asalnya dari Italia yang sebenarnya adalah sup sayuran dan ditambah dengan sedikit pasta, dengan basic kuah supnya adalah tomat dan kaldu (biasanya kaldu sayuran). Biasanya bahan utama sup ini adalah wortel, kacang2an (kacang merah, kacang polong, kacang kedelai), bawang bombay dan saledri. Sebenarnya tidak ada resep paten untuk sup ini karena pada awalnya saat dulu Roma hanyalah sebuah kota Roma dan belum menguasai Itali seutuhnya, para penduduk Roma terpaksa hanya bisa mengkonsumsi sayur2an dan kacang2an karena hanya itulah yang bisa diproduksi para penduduk Roma. Hingga pada akhirnya pada abad 2 sebelum masehi akhirnya Roma bisa menguasai Itali dan akhirnya pola makan mereka pun mulai berubah dan jenis makanan yang dikonsumsi mulai bervariasi. 

Tentu saja pada awal pembuatan sup ini mereka tidak dengan sengaja menciptakan minestrone soup, tapi yang mereka buat ya hanyalah sup untuk mereka makan. Setelah variasi makanan mulai bertambah, akhirnya minestrone pun mengalami perubahan seperti adanya tambahan daging atau ayam, kaldu yang digunakan juga berubah tidak selalu kaldu sayuran. Walaupun mereka tetap mengakui minestrone yang asli adalah sup sayuran yang sehat. 

Pertama kali saya mendengar minestrone soup adalah di acara master chef Indonesia. Saat itu peserta master chef harus membuat sup minestrone untuk tamu yang datang pada sebuah hotel. Sejak itu saya jadi penasaran apa sih minestrone soup. Saat tinggal di Jepang ternyata banyak sekali minestrone soup yang sudah jadi dalam kemasan kaleng ataupun kemasan plastik, tapi ntah kenapa saya koq tidak berminat mencobanya karena saya lihat isinya hanya kuah sup dan tidak ada sayurannya. Nah setelah saya menemukan toko internasional di Atsugi lah akhirnya saya bisa merealisasikan minestrone soup yang misterius. 

Ini resep Minestrone Soup yang saya coba dengan sedikit modifikasi: 
Bahan:
1. Untuk di tumis terlebih dahulu:
  • 2 sendok makan olive oil
  • 1 bawang bombay kecil, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 cup zuchini, potong kecil2
  • 1/2 cup kacang polong (bisa fresh bisa juga yang frozen)
  • 1/2 batang saledri, potong tipis2 (pilih saledri batang besar yang suka ada di supermarket internasional)
  • 2 Liter air kaldu (bisa kaldu sayur atau kaldu sapi)
Tumis bahan2 tersebut hingga bawang, saledri dan zuchini layu lalu masukkan air kaldu.

2. Bahan sayuran:
  • 1 cup kacang merah (rebus atau bisa beli kalengan lalu ditiriskan)
  • 1 cup kacang kedelai (rebus atau beli kalengan lalu ditiriskan)
  • 1 cup (1/2 kaleng) tomat kalengan (canned diced tomatoes, dimasukkan dengan air tomatnya juga)
  • 1 cup wortel, potong dadu
  • 1/2 biji paprika hijau, potong dadu 
  • 1/2 biji paprika merah, potong dadu
  • 1/2 biji paprika kuning, potong dadu
  • 3 cup bayam (kalau punya frozen baby spinach)
  • 1/2 cup small shell pasta (kalau tidak ada bisa diganti jenis pasta lainnya yang ukuran kecil)
  • 2 sendok makan parsley cincang
  • 1 sendok teh oregano kering
  • 1 sendok teh paprika bubuk
  • 1/2 sendok teh basil kering
  • 1/4 sendok teh thyme kering
  • garam, gula dan merica sesuai selera
Setelah air kaldu masuk, masukkan bahan sayuran dan masak hingga wortel dan pasta empuk.

Mungkin buat yang bingung kaya gimana sih canned diced tomatoes dan small shell pasta, nah kira2 seperti ini gambarnya:
ini dia si imut2 small shell pasta

canned diced tomatoes
Gampang banget kan bikinnya, yaaa walaupun bahannya banyak banget yah. Hehehe... Dalam sup ini saya kurangi sedikit jumlah kacang merah dan kacang kedelai dari resep aslinya, di resep asli mereka menggunakan 2 cup kacang merah dan 2 cup kacang kedelai. Tapi disini saya tambahkan paprika karena saat itu saya punya paprika yang tersisa dari kulkas, jadi ya sudah saya pakai saja dan ternyata jadi enak sekali. Waktu itu saya juga menggunakan 1/2 cup wortel kuning karena winter ini ternyata di supermarket mereka sedang menjual wortel kuning, jadi saya pakai 1/2 cup wortel biasa dan 1/2 cup wortel kuning. Sup saya jadi penuh dan indah penuh warna!! ^_^

Soup ini rasanya penuh dengan rempah2 ala masakan mediteranea. Saya suka sekali dengan wanginya, bahkan anak saya Mye pun suka sekali dengan sup ini. Saya heran dia bisa makan sup ini tanpa dikemut!! Padahal biasanya dia kalau makan itu dikemut dan bisa lammmaaaa sekali, sekali makan dia itu bisa menghabiskan waktu 2 atau 3 jam!!! Mungkin saya harus bikin sup ini sering2 supaya waktu saya tidak habis untuk suapin Mye aja yah. Hahahaha...

Happy trying everyone!! Buen provecho!! ^_^



No comments:

Post a Comment