2011/05/30

Berawal Dari Supermarket

Hari itu seperti hari2 lainnya saya pergi ke supermarket dengan Mye untuk belanja grocery. Supermarket andalan saya namanya Food One, jaraknya kira2 1 km dari apartemen rumah saya dan gak ada bis kesana jadi biasanya sih kita jalan kaki saja (kira2 10 menit jalan kaki). Pas sampai di depan supermarket, gak seperti hari2 lainnya, ada dua ibu2 bersama anak2nya lagi ngobrol. Salah satunya menyapa saya dan pengen lihat Mye. Akhirnya saya berhenti dulu untuk ngobrol dengan mereka. Waduh padahal bahasa jepang saya kan minim banget dan mereka juga bahasa inggrisnya minim. Tapi saya masih ngerti pas si ibu yang menyapa saya tanya umurnya Mye dan saya jawab dengan bahasa jepang yang terbata2. Tapi kayanya mereka gak nangkep omongan saya.. hihihi... Lalu si ibu itu tanya ulang tahun Mye, saya jawab pakai bahasa inggris eh tp dia gak gitu ngerti, saya coba pakai bahasa jepang, walaupun agak2 ngaco tapi akhirnya ngerti juga mereka. hahaha.. Ternyata anaknya seumuran dengan Mye. Anak si ibu itu laki2, tapi badannya lebih kurus & lebih pendek sedikit. Mye beratnya 12 kg sedangkan anaknya hanya 10 kg. Dia kaget banget pas tau Mye beratnya 12 kg.. hahaha... Ibu yang satu lagi anaknya baru 10 bulan, dia juga heran si Mye bisa gede gitu. Lah wong emang kayanya bayi2 orang jepang kecil2 yah.

Lalu saya tanya rumah mereka dimana, katanya mereka tinggal di dekat Food One. Wah enak sekali, saya bilang, gak perlu berjalan jauh. Si ibu yang anaknya seumuran Mye lalu tanya alamat saya. Berhubung nama apartemen saya pakai bahasa inggris, Bellflower Heights, saya coba kasih tau pakai bahasa inggris dulu, tapi mereka gak mudeng. Lalu saya pakai bahasa inggris yang di jepangkan, Berufurawa Haise, lalu mereka masih mikir2 itu dimana ya apartemennya. Lalu saya ingat kalau di ID card kan ada alamat saya, ya udah saya kasih liat aja ID card saya... Hahaha... Tapi mereka masih gak tau letak apartemennya dimana, jadi saya coba kasih2 patokan apartemen saya dengan bahasa jepang saya yang ngaco, saya bilang dekat York Mart (Seven Eleven disini namanya York Mart), mereka masih bingung. Lalu saya bilang dekat convenience store Lawson, mereka masih mikir. Lalu mereka bilang, oh dekat Shiawase no Oka bakery & police station. Aha!!! They got it!! Hahaha.. akhirnya ngerti juga. Karena udah lumayan lama ngobrol2 saya lalu pamit sama mereka untuk belanja dan saya bilang untuk datang ke rumah saya. 

Well, ajakan ke rumah sebenernya saya buat basa basi ajah, lagian saya juga agak ragu kalau mereka mau datang ke rumah saya apalagi kan mereka susah untuk komunikasi dengan saya. Tapi ternyata saya salah. Seminggu setelah itu, tiba2 pagi2 jam 10an ada yang bel ke rumah, padahal saya gak lagi nunggu siapa2. Pas saya buka pintu ternyata itu si ibu2 yang punya anak seumuran dengan Mye!! Waaahhhh saya kaget sekaligus senang banget dia ternyata mau mencari apartemen saya & datang. Ya ampun padahal waktu itu saya belum mandi!! Saya masih pakai piyama dan baru aja selesai vacum cleaning dan ngepel. Bahkan Mye aja belum dimandiin karena dia baru selesai sarapan. Hihihihi... Tapi saya persilahkan dia masuk dan saya bilang saya mau mandiin Mye dulu. Jadilah dia ikut lihat Mye dimandiin, dipakein minyak telon, dipakein baju & dipakein hair lotion. Dia penasaran banget dengan minyak telon, minyak kayu putih, hair lotion dan lotion anti nyamuk yang saya punya untuk Mye. Saya bilang ini semua dari Indonesia. Lalu dia cium2 semuanya dan dia senang banget dengan wangi2an minyak telon, minyak kayu putih & hair lotionnya. Bahkan anaknya juga ikut cium2 baunya dan suka sekali!! Hahaha... Dia sampai bilang kalau saya dapat kiriman lagi dia mau nitip, nanti dia mau bayar. Ya ampun, saya bilang gak perlu bayar, nanti saya kasih gratis. :D

Setelah mandiin Mye baru deh kita tukeran informasi tentang masing2. :D  Dari mulai nama, nomor telepon dan email. Namanya Kasumi dan anaknya adalah Toshiki. Sementara kita ngobrol2, Mye dan Toshiki juga main2. Lucu sekali melihat Mye dan Toshiki main. Kadang Mye jahil ambil barangnya Toshiki, lalu Toshiki ngambek tapi Mye malah kabur dan akhirnya mereka kejar2an keliling rumah. Kadang Toshiki yang jahil ambil mainan Mye dan Mye ngambek, jadilah kejar2an lagi. Hahahaha... Mereka bahkan main smack down!! Kita melihatnya ketawa cekikikan. Mye bahkan hampir cium Toshiki!! Wkwkwkwk... Lucu sekali ya anak2 itu biarpun belum bisa ngomong tapi mereka bisa komunikasi dengan cara mereka sendiri. 
showing her books

baby chat, mojok nih ye.. :p

i show you how to use my phone.. :)
Saya juga mencoba memperkenalkan Indonesia ke Kasumi. Selain dari sekedar minyak telon, saya kasih lihat foto2 nikahan saya. Dia kagum dengan kebaya yang kita pakai, akhirnya saya kasih lihat juga foto2 nikahan dengan adat2 tradisional Indonesia ke dia. Untung ada facebook, jadi saya bisa kasih lihat foto2 nikahan teman2 saya yang dari Sumatra, Jawa, Bali. Oh btw, thanks buat teman2 saya yang udah naro foto2 nikahannya di facebook, saya jadi bisa promosi budaya Indonesia lewat foto2 mereka. Hehehe.. Saya juga jelaskan kenapa saya memakai jilbab dan saya mencoba jelaskan kalau saya orang Islam dan tidak makan babi juga alkohol. 

Pas saatnya makan siang, dia bilang kalau mau masak silahkan. Saya tawarkan dia untuk makan siang bersama, walaupun waktu itu saya bingung harus sediakan apa ya karena saya gak siap masak apa2. Hahaha.. Tapi untung saya masih punya ayam cah toge & rebung sisa kemaren di kulkas, jadi ya udah saya angetin aja dan saya bikin corn soup dengan bayam. Untung dia suka dengan makanan saya. :D Setelah makan siang, Kasumi pamit pulang karena anaknya yang pertama, yang berumur 11 tahun, sebentar lagi pulang dari sekolah. 

Kebesokannya pas saya cek email ternyata Kasumi kirim email. Lalu kita janjian untuk ketemu lagi minggu berikutnya di rumah Kasumi. Kita janjian untuk ketemu hari kamis, karena saya gak tau arah rumah Kasumi, kita janjian di depan Food One. Pas hari kamis, saat saya jalan ke Food One ternyata kita bertemu di tengah jalan. Dia heran saya tau jalan belakang menuju Food One. Saya bilang memang biasanya saya lewat belakang karena lebih dekat, sedangkan minggu lalu Kasumi datang ke rumah saya lewat jalan depan yang lebih jauh & muter2. Pantes aja dia bilang jalannya agak jauh. Hahaha... 

Siang itu saya makan ala Jepang lagi. Kasumi bikin nasi dengan gandum, wortel dan edamame yang di masak barengan di rice cooker dan juga bikin ayam karage. Wah saya baru tau kalau orang jepang senang bikin nasi yang di campur gandum. Ternyata enak juga. Mungkin itu gantinya makan nasi merah kali ya. Biar nasinya agak berserat dan lebih sehat. Mye juga senang main2 bersama Toshiki lagi. Dan seperti minggu lalu, setelah capek main2 bersama Toshiki, Mye bisa tidur siang dengan pulas. Kata Kasumi, Toshiki juga begitu, dia bisa tidur siang lama. Hahahaha... 

After all, it's not too bad living in this small city. Biarpun saya dan Kasumi susah komunikasi, tapi untung ada internet dan teknologi free translation di internet, jadi kalau Kasumi gak ngerti ya pakai aja free translation. Hihihi.. Pas di rumah Kasumi, untung ada kamus, jadilah kita pakai kamus. Kayanya perlu beli kamus digital juga nih, biar lebih gampang. :D

2 comments:

  1. Nice story Ki..terharu.. Hahahhaaha gw kebayang lo pasti kaget bgt ya pas Kasumi beneran dateng, gw jg suka basa basi ngajak dateng ke rumah, tp ga ada yg dateng LOL. Seneng ya ketemu temen baru. Ki mo tanya dong, di sana org Jepang klo sama Muslim gimana? Mrk agak..hmm..apa ya kata yg tepat...jaga jarak kali ya...sama org yg pake jilbab? Soalnya klo di Eropa kn ada yg kyk gitu, terutama gw byk denger dr temen gw di UK, malah ada yg ampe lepas jilbab gara2 ada diskriminasi secara ga langsung. Sejauh ini di sana gimana?

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini sih gw gak ada masalah fis... tp org di jalan sk liatin gw aja bingung knp gw pake jilbab.. hihi.. klo di supermarket, org kasir sk tanya ke gw apa gw org arab or maroko.. paling gitu ajah.. :p kynya klo org jepang cuek2 ajah tuh.. di nagoya malah ada komunitas muslimnya, ada org jepang muslimnya jg... moga2 sih seterusnya gak masalah.. :)

    ReplyDelete