2011/05/17

Kerjain aja Sendiri..!!!!

Kalau hidup di luar negeri kan emang mau gak mau terima nasib semua kerjaan rumah harus dikerjain sendiri. Bener2 belajar mandiri, kuat, tabah dan sabar, apalagi kalau masih punya bayi atau anak balita. Untuk nyelesein kerjaan rumah dengan punya bayi atau balita emang butuh effort yang lebih berat. Tapi kalau orang bule koq tetep aja ya bisa manage semua sendiri, para perempuannya kan bahkan bekerja, tapi mereka tetep bisa punya rumah yang rapi & bersih.

Saya suka kesel banget kalau buka facebook saya lalu ada beberapa teman yang statusnya ngeluh soal ART (asisten rumah tangga). Katanya ARTnya lemot lah, tulalit lah, kerjaannya mainin hp lah, bangunnya telat lah, masakannya gak sesuai lah, pacaran melulu lah, apalagi kalau mereka punya ART yang ABG. Ya emang ART jaman sekarang kaya gitu gambarannya. Kadang saya pengen sekali jawab mereka dengan “Udah aja tunggingin ART lo & tendang kirim ke rumah gw, karena kalau gw sih butuh, biar aja deh ARTnya eror tapi setidaknya ada yang bantu2 gw”. Kalau kerjaan ART gak bener ya udah aja gak usah pake ART dan kerjain aja sendiri!!! Mereka juga kalau gak ada ART toh ngeluh juga kan. Pasti bilangnya “duh gak ada ART nih, sibuk banget, capek”. ART kan juga manusia sama kaya kita pasti ada malesnya tapi mau gaji gede. Kalau kita kerja kantoran juga pasti ada suatu saat maunya santai2 aja tapi dapat gaji gede.

Kalau saya komen status mereka, nanti suka ada yang jawab saya “eh tapi gw masih urus anak gw sendirian loh”. Iya cuma ngurus anak doank kan tapi kerjaan rumah lainnya tetep ART, jadi gak usah ngeluh deh, kayanya yang seharusnya ngeluh itu para ibu2 yang gak punya ART yang kerjain dari A sampai Z sendirian. Misalnya kaya teman saya di Belanda itu diharuskan kerja oleh pemerintah Belanda. Dia menikah dengan orang Belanda tapi dia tetap harus kerja kalau gak mau di deportasi dari Belanda. Anaknya masih 1 tahun ya udah terpaksa di taro di nursery. Suaminya sekarang kerja di luar Belanda dan ketemu setiap sebulan sekali, saya gak kebayang deh gimana dia urus semua urusan rumah dan anak sendirian. Tapi saya salut sama dia karena dia gak pernah ngeluh & dia selalu ceria.

Teman saya lain lagi, setiap pagi harus mengantar anaknya sekolah, dia bonceng anaknya dengan sepeda. Walaupun cuaca salju, angin kencang atau hujan ya tetep aja harus dijalanin. Belum dia juga harus selesaikan pekerjaan rumahnya. Tapi herannya kalau setiap saya main ke rumahnya pasti selalu ada snack kaya martabak, laba2 atau lumpia tersedia. Kapan bikinnya ya?? Hehehehe… Teman saya yang orang Chile, dengan anak cowo dua, dia masih bisa bikin handy craft untuk dekor2 rumahnya. Padahal anak2nya itu termasuk yang gak bisa diem. Tapi rumahnya tetep cantik & rapih.

Saat habis melahirkan biasanya di Indonesia juga pasti kita dibantu oleh banyak orang. Orang tua kita, baby sitter, atau saudara lainnya. Sedangkan kalau di luar negeri ya mau gak mau dari abis ngelahirin ya ngurus semua sendiri. Kadang saya malah heran kalau ada ibu2 yang katanya gak bisa mandiin anaknya yang udah 5 bulan. Padahal saya udah bisa mandiin anak saya sendiri dari sejak awal. Atau ada juga yang katanya udah dibantu orang tua/mertua & baby sitter aja dia masih mandi dan sarapan jam 11 atau 12 siang. Lah perasaan saya aja kalau kerjaan lagi gak numpuk jam 9 atau 10 aja udah mandi & sarapan, apalagi kalau saya harus belanja ke supermarket, saya harus siap2 lebih awal.

Saking harus dikerjain semua sendiri, saya pernah dengar cerita kalau para ibu2 di rantau itu pada bingung pas pulang ke rumah dengan bayi mereka. Mandiinnya gimana ya? Duh kalau nangis gimana ya? Mereka bingung banget karena gak ada yang kasih panduan. Tapi mereka akhirnya menemukan cara mereka sendiri untuk bisa adaptasi dengan semua kondisi itu. Saya juga salut kalau ada ibu2 di Indonesia yang benar2 mengurus bayinya sendiri dari awal tanpa bantuan baby sitter atau orang tua mereka. Karena kalau untuk ukuran di Indonesia kan jarang banget yang bisa kaya gitu.  

Saya sendiri kerjain semua sendirian. Tapi toh saya masih bisa main facebook, masih bisa nulis blog. Bukannya saya gak pernah ngeluh. Pastinya saya banyak ngeluh juga. Apalagi kalau hari lagi bener2 hectic & melelahkan, ditambah kalau anak lagi rewel atau sakit atau susah makan. Uuugghh rasanyaaa pasti kesel banget. Tapi mau gak mau harus saya lewati semua. Untungnya punya suami yang masih bisa di ajak kerjasama di rumah. Kalau weekend biasanya suami bantu saya bersih2 rumah, ngurus anak, saya bahkan bisa creambath & berendam di bathtub saat weekend, jadi setiap weekend saya selalu dikasih kesempatan untuk nikmatin “Me Time”. Kalau saya harus ke dokter sendirian, ya suami saya yang jaga anak. Kalau weekend suami saya juga suka masak. Kalau lagi jalan2, pas harus ganti popok anak, biasanya kan di tempat perempuan antrinya panjang, jadi mending suami aja yang gantiin popok di toilet laki2 yang lebih sepi. Untung disini ada tempat ganti popok di toilet laki2. Hehehe..

Jadi menurut saya sih, kalau memang niat, semua pasti bisa dikerjain sendiri. Walaupun emang perlu kerjasama yang baik dengan suami. Bisa berbagi beban kerjaan & sharing untuk rawat anak. Ayah saya termasuk yang suka masak, bersih2, cuci piring dan cuci baju disaat gak ada ART. Saat saya kecil, kalau ibu saya praktek dokter gigi sampai malam, biasanya ayah saya yang meninabobokan saya. Saya percaya kalau contoh seorang ayah yang mau bekerja sama dengan istrinya di rumah bisa membawa contoh positif untuk si anak. Kalau sang anak melihat orang tuanya bisa kerjasama dalam rumah tangga, mungkin disaat dewasa nanti dia juga akan bisa bekerja sama dengan baik dengan pasangannya.

No comments:

Post a Comment