2011/05/10

Enak Aja Chotto Matte!!!!


Saya pikir di semua negara maju yang namanya antri itu adalah hal yang wajib dan wajar, gak kaya di Indonesia yang biasanya orang2 itu susaaahhhh banget di suruh antri. Bawaannya gak sabaran & nyerobot ajah, kalau gak dikasih jalur antrian atau nomor antrian, pasti mereka bawaannya nyerobot. Gak heran kalau akhirnya di jalanan banyak terjadi kemacetan & mungkin di tempat2 umum lainnya suka terjadi chaos gara2 gak pada bisa antri. Tapi ternyata bayangan saya tentang Jepang yang negara maju dan pasti orang2nya bisa teratur ngantri ternyata salah.

Mungkin langsung gak pada setuju nih dengan pernyataan saya. Pasti sebagian besar dari teman2 pembaca pada lihat di TV pas gempa & tsunami kemarin itu orang2 Jepang pada bisa antri rapih dan sabar di depan halte bis berjam2 supaya bisa pulang karena jalur kereta mati semua. Saya rasa dalam kondisi tertentu mereka bisa bersikap tenang dan “bisa diatur”, tapi untuk kondisi lain saya lihat gak tuh. Perilaku ogah ngantri di Jepang terutama sih dilakukan oleh orang2 tua, terutama ibu2 manula/lansia. Contohnya pas saya lagi di bakery, saya itu sudah di line antri, eh tau2 2 orang ibu2 lansia langsung aja nyerobot saya didepan saya. Orang yang di kasir udah gak bisa apa2 deh, dia cuma pasang muka bingung & ngeliatin saya. Kayanya hal kaya gini adalah karena feodalisme di Jepang itu masih kuat, sama seperti di Indonesia, kita itu istilahnya pamali untuk protes ke orang yang lebih tua.

Contoh lainnya itu pas saya lagi di toilet umum di stasiun kereta. Saya antri di toilet khusus untuk ganti popok bayi & orang cacat karena saat itu saya emang cuma mau gantiin popok Mye. Saya nunggu lama kira2 15 menit, eh ternyata yang di dalam itu bukan orang cacat atau ibu2 dengan bayi tapi ibu2 dengan anaknya yang kira2 udah 9 tahun. Iiihh sebel banget!! Mereka kan bisa pakai toilet yang biasa!! Pas saya udah masuk & mau tutup pintu eh tiba2 ada nenek2 datang dari kejauhan bilang “Chotto matte! Chotto matte!” (tunggu sebentar!) sambil udah mau pegang pintu supaya saya gak bisa tutup. Tapi ya saya cuekin aja, enak aja chotto matte!!! Saya udah tunggu lama koq dia mau enak2nya langsung masuk nyerobot giliran saya!!! Saya langsung aja tutup pintu. Kalau boleh saya berpendapat, koq ibu2 lansia di Jepang itu suka kasar ya. Ck ck ck...

Contoh lain yang bikin gregetan adalah pas naik kereta yaitu saat antri untuk masuk kereta. Saya kan selalu bawa Mye pakai baby strollernya. Saya selalu antri di line antrian, tapi ternyata pas mau masuk kereta mereka nyerobot saya aja tuh!! Gak peduli saya itu bawa kereta bayi!! Setelah beberapa kali saya diserobot, saya gak bisa terima lagi perlakuan acuh kaya gitu, jadi sekarang2 saya bodo amat, saya hajjjaarrr aja desek2 masuk pas mereka coba serobot saya. Terkadang suka ada bapak2 yang baik yang antri di depan saya eh dia malah suruh saya masuk duluan. Sayangnya jarang2 tuh yang kaya gitu.

Kalau kita keluar dari kereta dan harus naik lift untuk menuju pintu keluar stasiun, biasanya kita juga antri untuk masuk lift karena banyak yang bawa kereta bayi. Tapi yang saya suka gak terima adalah kadang2 ada anak muda yang gak bawa koper besar & masih cukup gagah untuk naik tangga atau escalator yang juga ikut antri lift, mending dia ngalah sama yang bawa kereta bayi eh ini mah dia maunya masuk duluan daripada yang punya kereta bayi!! Lain waktu lagi ada nenek2 yang sebenernya gak nenek2 banget, tapi masih terlihat cukup gagah untuk naik escalator, datang lebih belakangan dari saya tapi pas pintu lift terbuka eh dia mau serobot saya!! Ya saya gak terima jadi saya tetep aja cuek dempetin kereta bayi Mye ke orang di depan saya. Akhirnya toh dia sadar juga & ngalah sama saya.

Kondisi kaya gini itu beda banget sama pas saya di Madrid. Orang2 Spanyol sangat patuh dalam hal mengantri. Jangan coba2 nyelak antrian orang kalau lagi di Spanyol kalau gak mau di marahin sama mereka. Di pasar tradisional Spanyol atau di pas lagi di salon, kalau tidak ada nomor antrian, mereka yang datang belakangan biasanya tanya “siapa yang terakhir?” jadi jelas giliran dia itu kapan. Sekali waktu ibu saya lagi belanja di pasar, karena beliau gak bisa bahasa Spanyol jadi gak tanya siapa yang terakhir, eh ternyata ada yang nyelak ibu saya tapi ibu saya langsung dibelain sama ibu2 lain dan bilang “eh ibu ini sudah lebih dulu dari anda, jadi sekarang harusnya dia yang dilayani”. Sampai segitunya solidaritas mereka, padahal ibu saya bukan orang Spanyol tapi mereka sangat menghargai pendatang.

Kalau kita lagi antri untuk masuk bis, lalu kita mau mempersilahkan orang di belakang kita yang lebih tua dari kita, mereka malah gak mau dikasih jalan lebih dulu. Buat mereka, antri adalah antri, walaupun mereka lebih sepuh & antri di belakang yang lebih muda ya sudah emang harus terima kondisi. Pas di Belanda budaya antri juga sudah biasa buat mereka. Walaupun kadang2 gak serapih dan teratur seperti di Spanyol, misalnya pas ada open markt (pasar basah tiap hari sabtu) tapi jarang sekali ada yang nyerobot. Saya sendiri blum pernah di serobot orang lain pas lagi antri saat belanja di Enschede.

Kira2 kapan ya di Indonesia orang2 bisa mulai sadar untuk budaya rapih? Hmmm.. Mungkin harus di mulai dari diri sendiri kali ya, yuk kita mulai sadar antri kalau lagi di tempat umum. Yuk mulai ajarkan anak2 kita untuk budaya antri, semoga kelak nanti mereka jadi orang2 yang sabar & bisa berbudaya antri. Saya yakin kalau kita bisa antri dan sabar di tempat pelayanan2 umum pasti semua pelayanan umum di Indonesia bisa lebih baik. 

No comments:

Post a Comment