2011/05/23

My Experience Having a Baby in The Netherlands: Part 3.1. Persalinan

Saya tadinya berharap Mye bisa lahir sekitar seminggu sebelum due date. Berdasarkan bidan katanya due date tanggal 25 Desember 2009, tapi kita berharap Mye lahir kira2 seminggu lebih awal karena pas 1 Maret 2010 kita harus balik ke Indonesia for good, jadi kalau Mye lahir lebih awal nanti umurnya sekitar 2,5 bulan, jadi aga gedean dikit lah daripada pas banget 2 bulan. Bawa bayi umur 2 bulan di pesawat masih agak menyeramkan buat saya waktu itu.

Apa boleh di kata, sekitar seminggu sebelum due date saya masih konsultasi ke bidan & masih kuat jalan2. Boro2 ada tanda2 melahirkan, kontraksi palsu aja gak ada. Saat itu saya di temani suami untuk konsultasi. Pas konsultasi itu bidan tanya tentang gerakan bayinya. Saya cerita kayanya akhir2 ini gerakannya aga berkurang, ntah karena bayi sudah terlalu besar atau gimana. Bidan menyarankan untuk langsung di cek ke rumah sakit karena takut kenapa2. Jadilah kita dari bidan langsung di suruh ke rumah sakit untuk observasi. Di rumah sakit saya di pasangin alat yang dipasang di perut untuk deteksi gerakan bayi. Lalu saya di USG lagi untuk lihat bayinya. Berdasarkan hasilnya sih gerakan bayinya masih OK tapi ketubannya agak berkurang, gak tau itu bisa berkurang karena apa. Mereka bilang kita sebaiknya kembali lagi 2 hari kemudian untuk cek terus, tapi di rumah juga saya harus pastiin kalau bayi juga bergerak2.

Saya pernah dikasih tau teman kalau setelah 7 bulan, bayi paling gak bergerak (bergerak muter2 atau gerakan besar lainnya) 10 kali dalam sehari. Saya rasa emang bener juga tuh teman saya, kita sebaiknya menghitung berapa kali bayi bergerak, supaya kita tau seberapa aktif si bayi. Setidaknya supaya gak bikin kawatir. Anyway, setelah 2 hari kita balik ke rumah sakit dan di observasi lagi. Alhamdulillah hasilnya bagus, kali ini pas perut saya di pasang alat pendeteksi eh taunya bayinya banyak gerak (mungkin tau kalau lagi di observasi jadi nampang deh.. hahaha…) dan volume air ketubannya udah kembali normal. Seandainya hasilnya kurang bagus, maka yang tadinya saya ditangani bidan bakal berpindah jadi ditangani obgyn. Tapi karena katanya gak masalah jadi kita bisa pulang dengan tenang. :)

Pas tanggal 25 Desember 2009 pk. 0.00 saya mulai ngerasain yang namanya sakit nyut2 lumayan kenceng di daerah pinggang, kaya kalau kita lagi sakit pas haid. Awalnya saya gak ngerti apaan, saya juga bingung gak bisa tanya siapa2. Kita gak mengajak ibu saya atau ibu mertua saya datang ke Belanda untuk mendampingi kita pas saya melahirkan karena waktu itu waktunya tanggung banget, toh setelah 2 bulan melahirkan kita bakal balik ke Indonesia. Ternyata sakit nyut2nya itu periodic setiap 15 menit. Akhirnya saya sms ibu saya. Kata ibu saya, ya mungkin aja itu kontraksi, tapi masalahnya ibu saya juga bingung karena beliau gak ada di samping saya. Saya saat itu belum bilang suami, tapi sepertinya suami saya punya feeling yang kuat. Malam itu dia gak bisa tidur & dia samperin saya ke kamar & tanya apa saya mulai kontraksi. Saya bilang ya mungkin aja. Lalu dia bilang, kalau gitu harus pasang bed blocks buru2. Hahahahaha… Bener juga, nanti kalau bidan datang untuk cek tapi bed blocks belum terpasang bisa dimarahin nih.

Sampai pk. 5 pagi kontraksinya rutin setiap 15 menit. Tapi kalau menurut petunjuk yang dikasih tau bidan, saya harusnya menghubungin bidan kalau kontraksi sudah setiap 3 menit. Saat kita udah memasuki minggu ke 36, pas kita konsultasi ke bidan, kita di kasih kertas yang isinya petunjuk kondisi2 yang bakal kita alami kalau mau melahirkan dan petunjuk apa saja yang kita harus lakukan. Misalnya:
1.       Jika ketuban pecah kita harus segera hubungi bidan.
2.       Jika ada flek yang berwarna bukan merah, mungkin hijau, hitam, dsb segera hubungi bidan.
3.       Jika ada flek berwarna merah tidak perlu kawatir & tidak perlu hubungi bidan, kecuali ketuban sudah pecah.
4.      Jika kita sudah merasakan kontraksi setiap 3 menit kita segera hubungi bidan.
5.  Kita tidak boleh langsung datang ke rumah sakit tanpa konsultasi atau tanpa seijin bidan sebelumnya. (Prosedurnya adalah kita telepon bidan, nanti bidan datang ke rumah kita & cek kita, kalau dia bilang belum saatnya ya kita disuruh di rumah ajah. Kalau udah bukaan 6 baru kita dibawa ke rumah sakit. Tapi kayanya kalau ada komplikasi sih langsung di bawa ke RS).
6.    Kalau kita memang ragu, kita boleh hubungi bidan.

Karena saya bingung, saya ya berpatokan aja pada poin “kalau kita ragu kita boleh hubungi bidan”. Akhirnya kira2 pk. 5.30 pagi saya hubungi bidan aja. Bidan bilang itu masih biasa, masih normal, tunggu sampai kontraksi setiap 3 menit. Yang bisa kita lakukan adalah mandi di bawah shower dengan air panas untuk membuat rileks otot2 kita. Ya udah saya ikutin aja sarannya. Jadilah saya jam 6 pagi mandi air panas. Emang bener sih jadi ngurangin rasa sakit. Tapi selain itu ternyata koq jadi ilangin kontraksi juga yak. Hahahahaha.. Soalnya setelah mandi saya malah gak rasain kontraksi lagi. 


to be continued... 

No comments:

Post a Comment