2011/05/10

KoQ Berisik yaaa...??


view dr kmr tdr aptmn di Univ. Twente
Hari ini saya baca status facebook seorang teman yang dulu bareng di Enschede yang kasih pengertian ke anaknya kalau namanya hidup di daerah "kampung" di Indonesia kalau malam2 tuh pasti ramai ada suara jangkrik, kodok, gemericik hujan, katanya beda sekali seperti pas tinggal di Enschede, Belanda, yang kalau malam2 itu sepiiiii yang terdengar paling suara ambulance, karena teman saya itu memang tinggal di depan rumah sakit. Hahaha… Saya jadi inget, pas saya di Enschede saya itu tinggal di dalam “hutan”. Di Enschede, kita tinggal di dalam housing complex kampus Univ. Twente. Bisa dibilang itu jauh dari peradaban, disekeliling kita itu pepohonan melulu, ada danau dengan banyak bebek, pokoknya sepiiii banget, bener2 serasa di dalam hutan. Bis yang lewat ke daerah rumah cuma satu, apartemen kita itu adalah halte kedua sebelum yang terakhir, jadi bayangin aja deh tuh dah di ujung trayek bis kan daerah rumah kita. Kalau mau ke centrum (pusat kota) kita harus naik bis kira2 makan waktu 20 menit, atau naik sepeda (kalau gak gempor.. hehehe…) kira2 30 menitan. Bis yang lewat depan apartemen terakhir lewat depan apartemen itu jam 8 malam, setelah jam itu bis hanya berhenti di daerah depan kampus, jadi untuk masuk ke daerah apartemen harus jalan sekitar 500 meter. Inget dulu jaman saya hamil, kalau pulang yoga hamil itu jam 9 malam, jadi saya harus melewati jalan yang penuh pepohonan dan gelap sendirian, jarang orang pulang jam segitu ke kampus, paling cuma 1 atau 2. Agak serem sih tapi ya gak seserem kalau saya jalan sendiri di hutan di Indonesia dan membayangkan kalau mungkin bakal ada pocong atau kuntilanak lewat. Hahahahaha… Kalau pas summer sih pulang jam 9an malam masih enak karena masih terang tapi kalau udah winter, jam 4 sore aja udah gelap. Kalau hari sabtu bis lewat depan apartemen kalau sudah jam 10an siang sampai 6 sore, kalau minggu atau hari libur bis juga gak lewat di depan apartemen jadi ya harus jalan ke depan kampus, apalagi kalau ada FC Twente tanding, harus jalan lebih jauh. Kebetulan kita tinggal deket banget sama stadion FC Twente, tapi sayangnya kita gak pernah nonton FC Twente langsung. Hihihi…

Yah jadi bayangin aja deh tuh betapa sepinya daerah tempat tinggal saya dulu. Ada mahasiswa2 yang tinggal di daerah kampus akhirnya cari “kosan” didaerah luar kampus supaya lebih dekat ke peradaban & lebih ramai. Tapi kalau kita malah beda sendiri, kita malah emang senang tinggal di daerah yang sepi dan tenang. Kalau saya pribadi sih emang karena bosan dengan hiruk pikuk Jakarta, makanya pindah ke kota kecil seperti Enschede malah membuat saya sangat nyaman. Biarpun jauh dari peradaban tapi toh akses kemana2 gampang dan aman. Biarpun harus jalan jauh untuk dapatin bis tapi kalau suasana enak mah asik2 ajah, yang penting saya gak perlu lari2 untuk kejar bis, kalau naik bis gak diburu2 naik atau turun, apalagi pas hamil saya tetep kemana2 sendirian & tetap merasa aman dan nyaman. Saking nyamannya pas akhirnya kita harus pulang ke Jakarta, kita sedih banget.
halte di depan apartemen, kalau hari libur kita harus jalan lurus ke depan melewati pepohonan & jalanan yg sepi itu
hutan di daerah belakang apartemen
kasih makan bebek di danau di sebelah apartemen
Pas sampai di Jakarta, selain kita kaget cuaca yang puanaaass banget, kita juga kaget koq kayanya Jakarta berisik banget & crowded banget ya. Pas banget pas kita pulang kita juga disambut oleh macet yang panjaannggg. Pas udah di rumah, kita mencoba untuk tidur malam, tapi koq kenapa brisiiiikkk banget ya suara motor & mobil melulu, suara klakson, suara angkot. Ya ampun mau memejamkan mata aja susaaahhh. Ya maklum aja rumah mertua saya emang ada di pinggir jalan, jadilah berisik. Adaptasi gara2 suara brisik itu lumayan makan waktu kira2 seminggu sampai akhirnya kita terbiasa. Mungkin kalau dengernya suara jangkrik atau kodok seperti kata teman saya itu sih kita malah seneng ya karena serasa di desa banget, daripada dengerin suara motor ngegerung2. Hehe..

Dulu tinggal di Madrid sih dibilang sepi banget juga enggak. Kita tinggal di daerah yang cukup ramai, tapi tetep aja sih suara mobil dan motor itu gak seberisik di Jakarta. Paling2 berisik itu kalau Real Madrid lagi ada pertandingan penting kaya misalnya lawan Barcelona atau Atletico de Madrid atau pas lagi final piala apa gitu, nah orang2 suka teriak2 deh tuh dari balkon rumahnya pas Madrid nge-gol-in atau pas pertandingan selesai mereka teriak “Campeones Campeones…” sambil kibarin bendera Madrid, lalu pada sahut2an dari balkon yang lain. Kita juga suka ikutan sahut2an. Hahahaha… Seru banget deh, jadi kangen masa2 itu. :D

Sekarang di Atsugi situasinya kira2 ampir sama kaya di Enschede. Untuk pergi ke centrum Atsugi kita juga perlu naik bis kira2 20 menit dan bisa juga naik sepeda, tapi berhubung jalanannya naik bukit turun bukit jadi suamiku sih jarang2 naik sepeda. Hahaha… Untungnya di daerah perumahan di Atsugi banyak supermarket yang deket, jadi gak perlu naik bis, jalan 10-15 menit juga bisa. Beda sama di Enschede saya harus ke centrum dulu untuk belanja ke supermarket. Karena kita tinggal di pinggir jalan, suara mobil dan bis sih masih banyak terdengar, walaupun intensitasnya gak seperti di Jakarta, tapi kalau malam sepi banget. Disini jalanan termasuk sepi, jadi untuk saya dan Mye jalan2 itu enak dan aman.Tapi kalau suara sirine ambulance disini termasuk sering, entah banyak kecelakaan atau karena ada orang jompo yang kenapa2. Suara bel kota masih bisa terdengar jelas dari apartemen kita, jadi kalau ada keadaan darurat kita tinggal dengerin aja bel kota umumin apa, walaupun sebenernya gak ngerti ya mereka ngomong apaan. Hehehe...

Kata teman saya yang baru pulang keliling Eropa kemarin, dia merasa kalau kota2 di Eropa itu kurang metropolitan, karena orang2nya terlihat santai di jalan, kalau malam sepiiii, gak kaya di Jakarta yang hidup 24 jam. Sebenarnya kalau kita naik subway di Paris, subway di Tokyo, bis di Roma, subway di Madrid itu sebenernya mereka hectic banget. Daerah2 ramenya biasanya dikonsentrasikan di distrik tertentu jadi gak crowded kemana2, jadi kalau malam ya tetep aja rata2 di kota2 Eropa ya sepi. Buat saya, kota2 di Eropa is still the best place to live.

Mungkin gak semua orang itu seperti saya yang suka dengan ketenangan, saya yakin pasti ada teman2 yang baca tulisan saya ini berkomentar beda & memilih hidup di kota yang lebih metropolitan dan lebih “hidup”. Tapi dimanapun kita tinggal, saya yakin kalau semua berharap tinggal di kota yang teratur & nyaman biarpun crowded & hectic. :D

No comments:

Post a Comment