2011/05/29

Payung Cantik & Payung Besar

Ngomongin payung, saya jadi inget kalau pas saya kuliah dulu saya punya payung lipat lucu yang kalau kena air baru terlihat pattern gambarnya. Waktu itu saya beli di barel (balik rel) di kampus UI Depok, harganya emang lebih mahal dari payung2 lipat tapi saya suka banget, selain warnanya hijau (warna kesukaan saya), bahannya cukup kuat dibanding payung2 murahan lainnya & pattern bunganya yang unik. Tapi sayang pas saya ke Belanda, ternyata payung itu gak tahan sama angin Belanda yang suangat kuenceng... hihihi.. jadilah si payung cantik itu rusak.. hix hix... :'( Mau beli lagi yang kaya gitu bingung cari dimana.

Pas saya sampai di Jepang, saya melihat banyak sekali cewe2 Jepang pakai payung cantik. Tapi selain cantik juga besar2, jadi bukan model payung lipat. Payungnya benar2 lucu, dari patternnya yang lucu, ada yang pakai renda2, ada yang motifnya unik, ada yang warna soft sampai gonjreng. Ya ampuuunnn komplit deh pokoknya. Harganya pastinya juga 'cantik'.. hihihi... Mereka bahkan punya payung cantik yang khusus untuk summer, untuk melindungi dari sinar UV. Sampai ditulis spesial untuk melindungi dari sinar UV. Tapi bentuknya itu loh yang lucu banget. Berenda2 seperti cewe2 kompeni jaman Belanda suka pakai. Ada juga payung cantik berenda yang bisa untuk all season. Jadi mungkin kalau gak mau punya banyak payung pastikan payung cantik yang kita pilih ada tulisan 'all seasons umbrella'.  Banyak juga payung cantik yang model lipat dan ada yang modelnya emang imut kecil. Kalau saya lihat di mall rasanya mau saya borong semua. Hahaha... 

Pemandangan payung besar juga didominasi dengan payung besar yang transparan. Kayanya orang Jepang senang dengan payung yang transparan. Tapi mungkin bukan suka karena 'transparan'nya, menurut pengalaman saya, kalau hujan deras diikuti angin kencang kan mau gak mau kita harus nutupin muka kita dengan payung tuh, nah kita kan jadi gak bisa lihat jalanan. Apalagi kalau mau nyebrang jalan, kan harus angkat ke belakang payungnya untuk lihat apa lampu lalu lintasnya udah hijau untuk nyebrang atau belum. Pastinya kalau di angkat ke belakang kan jadi kena air hujan deh. Nah kalau pakai payung transparan kan gak perlu tuh angkat payung ke belakang, jadi tetep masih bisa lihat jalanan deh. Hehehe...

Para lelaki di Jepang juga gak segan2 bawa payung besar kemana2. Para lelaki itu dari yang masih sekolah, yang ABG, yang kerja, yang udah tua, yang dandannya gaul, yang dandannya biasa ajah, kalau musim hujan mah pada gak segan tuh bawa payung besar. Awalnya agak lucu melihat laki2 Jepang bawa payung besar, karena pemandangan kaya gitu jarang banget saya lihat di Indonesia atau di Belanda atau di Spanyol, sejauh ini Jepang adalah negara dengan laki2 terbanyak yang nenteng payung (terutama payung besar, bukan payung lipat) di jalanan. Biasanya kan laki2 paling punyanya payung lipat, atau mungkin kalau di Indonesia mah karena ada ojek payung paling mereka sewa payung.. hihihihi...

Untungnya di Jepang biarpun kita punya payung cantik gak bakal deh tuh payung raib diembat tangan jahil. Kalau mau masuk ke restoran atau supermarket atau ke salon atau ke dokter gigi, mereka selalu sediain tempat untuk naro payung di pintu masuknya. Kita gak perlu kawatir karena payung kita gak bakalan hilang. Pas kita keluar lagi payung kita masih anteng di tempat payung. Kalau mau masuk ke mall biasanya di sediain plastik untuk payung, jadi pas masuk payung basah kita gak bikin basah lantai mall. Kayanya di mall2 besar di Jakarta juga udah mulai tuh disediain plastik untuk payung. 

Kayanya buat koleksi mungkin harus juga nih beli satu payung cantik dari Jepang. :D


2 comments:

  1. Gw di korea jadi hobi ngoleksi sepatu & payung Mung..hahaha kemaren di Jepang juga beli payung cantik motif sakura yg di-klaim "Only sold in Japan"...kayaknya laku nih kalo kita bisnis payung cantik di indonesia :D
    Soal cowok bawa payung juga sama nih pengalaman kita. Awalnya rada geuleuh liat cowok ganteng2 bawa payung gede (ada yg pink pula), tp lama2 terbiasa

    ReplyDelete
  2. Mba, boleh tanya ga beli dimana payung putih bordiranya ya....

    ReplyDelete