2011/05/16

My Experience Having a Baby in The Netherlands: Part 2. Persiapan Persalinan

Memasuki usia kandungan 16 minggu saya mendaftarkan diri ke Kraamzorg. Untung sekarang ada teknologi internet, semua jadi lebih mudah karena saya bisa mendaftarkan diri lewat website kraamzorg yang saya pilih, daripada saya harus telepon lama. Setelah mendaftar, kita dapat surat yang menyatakan kalau kita udah terdaftar di kraamzorg dan juga dapat buklet soal kehamilan, persiapan persalinan, persalinan & perlengkapan apa saja yang perlu kita sediakan untuk persalinan nanti. List perlengkapan yang harus kita sediakan itu panjaaaannggg bangeettt. Mulai dari harus sedia box bayi dengan kasur dengan ukuran & tebal tertentu, spreinya, alas ompol, selimut, bak mandi bayi, perlengkapan mandi bayi, thermometer, waslap bayi, dan macem2 lagi (udah gak inget saking banyaknya.. hehehe…) dan termasuk juga list untuk keperluan sang ibu. Listnya dalam bahasa Belanda, sebenernya dikasih translatenya tapi tetep aja saya suka ada yang gak ngerti apaan barangnya. Jadi saya tanya2 lagi sama teman yang sudah pernah melahirkan. Jadi boro2 deh nunggu 7 bulan untuk belanja2, saya mah 5 bulan aja udah belanja2 karena takut gak keburu waktunya. Hahaha.. Selain itu pas kehamilan kita masuk 7 bulan, supervisor dari kraamzorg bakal kunjungin kita ke rumah untuk lihat apa perlengkapan yang mereka sebutkan di list itu udah kita lengkapi atau belum, jadi gak mungkin kan nunggu lewat 7 bulan baru belanja. Supervisor kraamzorg itu bakal cek apa kasur box bayinya udah sesuai atau belum, apa perlengkapan lainnya udah sesuai atau belum, masih ada yang kurang atau gak, jadi mereka itu bener2 pastiin kalau kita itu udah siap. 

6 months pregnant, i still can hide my belly under my autumn jacket
Saya juga sudah mencuci segala perlengkapan bayi, dari pakaian, sprei, alas ompol, selimut, dsb lalu saya setrika & masukkan di plastik2 & ditutup rapat dengan selotip supaya tetep steril & bersih sampai sang baby lahir nanti. Saya sering sekali nyetrika di malam hari, jam 2 atau 3 malam karena suka kebangun jam segitu dan gak bisa tidur lagi. Hahaha.. Penyakitnya ibu2 dah hamil gede gini nih, susah tidur. Hehe... Jadi biasanya saya manfaatkan waktu untuk nyetrika supaya badan saya capek lagi & bisa tidur lagi. Untuk mengganti waktu tidur malam yang hilang , saya juga biasanya suka tidur di siang atau sore hari saat saya merasa sangat ngantuk atau capek. 

Selain daftar ke kraamzorg, kita juga harus lapor ke asuransi soal kehamilan karena nanti asuransi harus mengirimkan kraampaket ke rumah kita. Apaan tuh kraampaket?? Kraampaket itu paket yang isinya perlengkapan untuk ibu dan bayi pas melahirkan nanti. Jadi kalau kita mau melahirkan semua yang ada dalam kraampaket itu harus dibawa. Isinya ada alcohol, kapas, perban, klip utk puser bayi, hand sanitizer, pembalut untuk masa nifas, alas anti bocor (untuk di alasin diatas tempat tidur kalau kita udah hamil 8 atau 9 bulan supaya kalau tiba2 ketuban pecah sprei gak basah), dan beberapa hal lagi yang saya gak inget.

Hal menarik lainnya dalam mempersiapkan persalinan itu adalah kita harus sewa alat untuk peninggi tempat tidur (bed blocks). Kita bisa sewa dari tempat penyewaan alat2 kesehatan. Jadi tinggi tempat tidur itu harus kira2 sepinggang dari ukuran tinggi rata2 orang belanda. Kenapa gitu sih? Supaya nanti pas kraamzorg atau bidan datang untuk memeriksa kita di rumah, mereka jadi gak bungkuk dan tidak terkena penyakit punggung. Gile ya mereka ampe mikirin segitunya. Bed blocks harus dipasang saat kehamilan kita masuk 37 minggu, tapi saya baru pasang pas di malam udah mulai kontraksi karena sebelum2nya takut jatoh dari tempat tidur saking tingginya. Hahaha… Kalau kita gak mau repot pergi ke tempat penyewaan, kita bisa juga menggunakan krat bekas bir untuk meninggikan tempat tidur kita. Lebih gampang di dapat di supermarket2 terdekat & lebih ringan pastinya. 

Masuk usia kandungan kira2 6 bulan saya ikutan yoga hamil. Ternyata ikutan yoga hamil enak banget ya, setelah yoga itu badan emang rilex dan jadi pules tidur. Sekali sebulan ada yang namanya partner class, disitu para suami (buat yang bisa datang) ikutan yoga bareng. Nanti para suami diajarin untuk pijit kita, diajarin untuk bantu kita bisa rilex, dsb. Seru banget ikutan partner class terutama pas yang pas para suami diajarin untuk mijat kita. Hehehe... Sekitar 4 minggu sebelum waktu melahirkan kita bisa daftar untuk private class untuk simulasi situasi melahirkan. Jadi kelasnya khusus untuk saya dan suami. Di kelas itu saya diajarin cara mengejan yang benar, posisi mengejan yang benar, diajarkan nafas pas mengejan, dan diajarkan cara rilex pas kita sedang kontraksi. Kelas itu sangat berguna buat saya, apalagi saya hamil yang pertama kali. Pas saya mau melahirkan bidannya bilang saya koq bisa tenang banget dan bisa atur nafas dengan baik untuk seorang pemula, ya saya bilang itu berkat ikut yoga. Hehehe..

Kebetulan sekali pas saya menjelang melahirkan, pemerintah kota Enchede membangun klinik bersalin yang baru yang menyatu dengan rumah sakit, kayanya klinik bersalin yang lama gak deketan sama rumah sakit (kurang tau juga yang lama dimana soalnya gak pernah cari tau… Hehehe..). Berhubung klinik bersalinnya baru jadi, rumah sakit melakukan tour keliling rumah bersalin setiap 2 minggu sekali. Ini dikhususkan untuk para pasangan2 yang udah menjelang melahirkan supaya pas nanti melahirkan udah kenal dengan situasi rumah bersalinnya jadi gak perlu cari2 dulu & nyasar. Idenya bagus banget ya. Jadi kita ditunjukin ruang bersalin, ruang bidan, ruang dokter, tempat urus2 surat2, dsb. Ajaibnya dari seantero Enchede mereka cuma sedia 2 ruang bersalin!! Katanya sejauh ini blum pernah ada yang rebutan ruangan tuh. Hahaha.. gak kebayang deh. Pantes aja prosedur mereka itu 2 jam setelah melahirkan kita itu disuruh pulang, jadi gak ada tuh acara nginep2 dulu di rumah sakit. Kecuali kita atau bayinya mengalami komplikasi baru deh nginep di rumah sakit (di ruang perawatan yang beda dari ruang bersalin pastinya).

Pas usia kandungan saya hampir 8 bulan saya terkena flu dan batuk. Flunya lumayan parah sampai gak bisa tidur karena sakit kepala, mata rasanya pedes & badan saya panas. Waktu itu demamnya sih 38.1-38.2 derajat. Saya ketularan flu dari suami saya yang baru pulang conference dari U.S.. Karena saya merasa sangat gak enak jadi saya memutuskan untuk ke dokter. Pas konsultasi pertama ke dokter saya cuma konsultasi lewat telepon aja sama dokternya. Saya bilang batuknya mengganggu sekali dan flunya juga parah. Tapi dokter hanya menganjurkan istirahat aja yang banyak dan gak perlu minum obat karena kalau yang namanya flu itu bisa ilang sendiri. Untuk batuk saya hanya dianjurkan makan permen pelega tenggorokan sejenis strepsils atau woods. Setelah 2 hari koq kayanya gak reda2 ya malah tambah gak enak, akhirnya memutuskan untuk ketemu sama dokternya. Dokter tanya berapa demam saya, eh pas saya bilang 38.1 itu di bilang bukan demam!! Jadi patokan demam untuk dokter2 sana itu kalau udah 39 derajat. Nah catet yah teman2, jadi kalau belum 39 derajat sebenernya itu bukan demam. Dokter juga gak kasih saya obat apa2, katanya sih saya boleh aja minum paracetamol kalau saya memang merasa gak enak banget. Saya bahkan gak diperiksa dengan stetoskop sama si dokter, cuma di cek aja kelenjar2 disekitar leher. Katanya saya masih gak papa, buktinya saya masih bisa datang ke tempat dokter. Sial!!! Tau gitu gak usah dateng!!! Hahaha… Oh iya, waktu itu lagi musim flu mexico, terus karena saya cerita kalau suami saya baru pulang dari U.S. jadilah saya itu dianjurkan untuk vaksin flu mexico itu. Aduuuhhh saya takut bangeeetttt. Karena kan vaksin itu blum terbukti khasiatnya. Saya tanya ke teman2 yang lain, eh ternyata teman2 lain yang hamil juga di anjurkan suntik vaksin itu sama bidan. Tapi setelah saya dan teman2 diskusi kita akhirnya memutuskan untuk gak suntik karena kita gak yakin dengan khasiat suntik vaksinnya. Akhirnya ya supaya saya cepet sembuh pokoknya minum vitamin c, minum air jeruk hangat dengan madu, minum jus dan makan buah yang banyak aja, gak pake minum obat2an. Alhamdulillah sembuh dan gak ada komplikasi apa2.

Setelah perut saya semakin gede dan semakin berat, ya kira2 pas udah 8 bulan hampir 9 bulan saya udah mulai jarang keluar rumah untuk belanja atau untuk sosialisasi dengan teman2. Paling2 saya keluar belanja ke supermarket deket rumah aja tapi gak ke centrum lagi. Selain itu cuaca di Belanda udah dingin banget & salju udah mulai tebal dan licin dimana2. Jadi untuk belanja mingguan suami saya yang belanja setiap weekend sendiri. Saya pergi yoga pun lihat2 cuaca, kalau kira2 cuaca gak bersahabat saya gak pergi. Waktu itu udah bulan Desember dan teman2 saya juga banyak yang liburan atau pulang kampung untuk Natal, sedangkan kita mah santai2 aja di Enschede karena diperkirakan melahirkan tanggal 25 Desember. Kalau kata orang Belanda anak saya bakal jadi Kerstkindje alias anak Natal. Hahahaha… Pas hamil 8 bulan juga saya mulai catering makanan 2 kali seminggu karena untuk masak kayanya udah berat banget perut. Alhamdulillah ada Bu Dewi, bisa dibilang ibunya anak2 di Enschede, yang jago masak dan nerima catering, masakannya masakan sunda pula, cucok lah ama saya. Hehehe.. 


to be continued... 

1 comment: