2011/05/17

Saya BARU 27 Tahun

Sering kali saya dengar teman2 saya yang berulang tahun merasa resah dengan usianya yang memasuki usia 26, atau 27 atau 28. Angka itu sepertinya angka yang menyeramkan buat mereka. Mereka akan merasa sudah tua, apalagi yang belum menikah, mereka biasanya merasa tertekan atau depresi. Apalagi kalau teman2nya udah pada nikah, udah punya anak, eh ini pacar yang jelas aja belum punya, jadi tambah2 deh merasa seolah2 umur 26 atau 27 tahun itu "end of their lifes" karena belum menikah & punya anak. 

Saya sendiri emang menikah saat umur saya 23 tahun. Saya gak pernah berencana menikah di umur 23, saya malah berencana nikah di umur 25 atau 26. Tapi namanya jodoh kita emang gak tau kapan datangnya, ya kebetulan saja saya menemukan jodoh di umur saya yang ke 23. Saat itu saya merasa 23 tidak terlalu muda untuk menikah tapi ternyata saya salah. Umur 23 buat saya adalah umur yang masih labil untuk membangun rumah tangga. Mungkin ada juga perempuan lain yang menikah di umurnya yang ke 20 dan fine2 saja. Tapi ternyata buat saya pribadi, umur 23 menikah, ternyata saya masih ingin melakukan hal2 yang dilakukan teman2 saya yang masih single. Tapi saya gak menyesali semua yang saya telah putuskan & lakukan. Toh sekarang saya bersyukur dengan umur saya yang ke 26 saya sudah punya anak satu dan bisa bersenang2 dengan cara saya sendiri, berlibur dengan suami, bisa keliling dunia dengan suami & anak saya, mengenal banyak orang, mengenal banyak budaya, mengenal banyak makanan dari berbagai negara, bisa mengatur rumah sendiri, experimen di dapur, dsb.

Saya suka bilang ke teman2 saya, kenapa sih harus bilang "saya sudah 27 tahun" (yang biasanya suka ditambahin icon nangis atau sedih, lebay.com :p), kenapa gak bilangnya "saya BARU 27 tahun", karena hidup masih panjang. Saya bahkan sangat setuju dengan motto kakak ipar saya "life begin in 40, 40 is the new 20". Kalau kita pikir umur kita tua terus, yang ada kita bakal terlihat tua terus. Mungkin jadi malas dandan (karena gak semangat hidup, jadi asal2an aja deh), jadi males ke acara keluarga (karena biasanya ditanyain "kapan nikah" melulu), atau jadi depresi berlebihan, curhat sana sini minta saran untuk dapatin jodoh, minta dijodohin ama temen2 atau sodara2nya, konsultasi ke orang pintar atau teman yang paranormal, dsb. Kalau kita punya kerjaan, hobi, good career & great friends ya dinikmati aja dulu selagi belum nikah, karena nanti kalau sudah menikah pasti dari pola pikir & pola hidup bakal berubah.

Lagian orang Indonesia juga sih pada dasarnya usil semua. Pengen tau aja kehidupan pribadi orang2. Kalau udah umur 20an pasti deh kalau di acara keluarga ditanyain pacarnya mana, calonnya mana, kapan nih nyusul si anu. Kalau di arisan ibu2 juga, ibu2 yang udah pada punya gadis usia diatas 20 tahun pasti dibombardir dengan pertanyaan "kapan nih bu anaknya nikah? itu si anu udah mau nikah loh". Akhirnya ibunya juga jadi ikut frustasi mikirin koq anaknya belum mau nikah, punya punya pacar aja belum atau koq udah punya pacar tapi belum mau menikah. 

Saya ingat cerita ibu kost saya pas saya dan suami ngekost di rumah seorang ibu2 di Belanda. Anaknya waktu itu berumur 27 tahun. Ibu tersebut orang Indonesia & dia berlibur ke Indonesia dengan anaknya. Saat di Indonesia anaknya di bombardir pertanyaan oleh kerabat2nya di Indonesia kenapa belum menikah, dsb. Saat itu anaknya sebenernya sangat marah & merasa terintimidasi, karena kalau di luar negeri orang2 gak pernah tanyain hal2 kaya gitu. Hal itu adalah sangat pribadi & urusan mau menikah atau tidak adalah hak prerogatif mereka untuk menentukan jalan hidup mereka. Gak usah orang bule ditanyain kaya gitu, saya yakin kalau orang Indonesia asli pun kalau ditanyain kaya gitu terus pasti hatinya juga sakit (walaupun pasti gak bakal ditunjukkan) & bosan.

Jodoh itu Yang Maha Kuasa yang atur, kita gak pernah tau kapan datangnya, apa bakal cepat (baru ketemu langsung nikah) atau lama (pacaran lama dulu baru nikah, atau temenan lama eh tau2 nikah). Jadi kita sendiri kalau ditanya kapan nikah ya gak tau lah, emangnya kita Tuhan??? Mau menikah muda atau mau menikah saat umur kita lebih tua juga keputusan kita & atas kehendak Yang Maha Kuasa. Kita juga harus coba belajar untuk bisa nahan diri untuk gak ikut campur dengan urusan pribadi orang2 & berhenti menanyakan hal2 yang bisa bikin orang itu tertekan atau sedih. Saya merasakan sendiri gak enaknya ditanyain hal2 kaya gitu terus, makanya saya selalu berusaha untuk tidak menanyakan hal2 kaya gitu. Mungkin hanya kepada sahabat2 terdekat aja saya bisa tanya kaya gitu, tapi kalau saya gak terlalu dekat saya gak berani tanya2 kaya gitu.
Kita juga harus coba ubah pikiran kita lebih positif, umur hampir 30 itu bukan usia yang udah tua, udah tua tuh kalau kita udah pikun, gak bisa ngapa2in. Selama kita emang masih aktif ya berarti kita belum tua. Buat orang bule, bahkan umur 50 saja masih dibilang muda. Gak heran kalau di umur segitu mereka masih semangat hidupnya, masih mencari kesibukan sana sini, aktif di berbagai kegiatan. Daripada berlarut2 mikirin usia yang udah mau 30, you can try to fulfill your dreams, seperti yang dilakukan sahabat saya dengan fulfilling her dream going around Europe before getting married. So, don't be stressed or depressed by another's question or statement, your life is too beautiful to be ruined by those stupids questions and statements.

No comments:

Post a Comment