2011/05/11

My Experience Having a Baby in The Netherlands: Part 1. Kehamilan

bumil beraksi di Univ. Twente
Pengalaman melahirkan di Belanda bukan hanya saya aja yang ngalamin. Banyak sekali teman2 saya yang melahirkan di Belanda dengan pengalaman mereka sendiri. Tapi mungkin gak smua menceritakan pengalaman hamil, melahirkan dan mengurus bayi di Belanda dalam bentuk tulisan. Saya senang bercerita tentang pengalaman saya hidup di rantau dan sepertinya udah banyak teman2 saya yang nagih cerita saya soal hamil, melahirkan dan ngurus bayi di Belanda. Hehehe…

Sebelum memutuskan untuk hamil dan punya anak di Belanda, saya pertama2 mempelajari seluk beluk soal hamil dan melahirkan dari teman2 yang sudah hamil dan sudah pernah melahirkan di Belanda. Saya gak mau nanti pas saya hamil eh tau2 saya gak siap dengan berbagai macam halangan rintangan yang bakal saya hadapi. Selain itu saya juga coba ikut membantu teman yang sudah punya bayi, hanya sekedar jagain anaknya sebentar saat sang ibu lagi ke salon, atau sekedar bermain2, atau memberi makan.

Dari teman2 saya dapat banyak informasi apa saja yang harus dipersiapkan. Untuk periksa kehamilan, di Belanda biasanya hanya berkonsultasi sama bidan. Kita baru berkonsultasi dengan ginekolog jika kita mempunyai komplikasi atau kelainan atau kalau usia kita sudah diatas 35 tahun. Misalnya seperti salah satu teman saya mengalami anemia, jadi dia harus konsultasi dengan ginekolog. Awalnya dia berkonsultasi dengan bidan, tapi setelah dikasih tau bahwa dia anemia, bidan langsung rekomendasi ke ginekolog.

Pas saya tau kalau saya hamil, sebenarnya agak shock juga dan bingung harus gimana karena saat itu saya belum punya kartu ijin tinggal dan kartu asuransi. Kartu ijin tinggal saya belum jadi, sedangkan kartu asuransi bisa dibikin setelah kartu ijin tinggal jadi. Tapi untung sekretaris di kantor suami saya baik sekali dan bisa mengatur supaya kartu asuransinya dipercepat, karena tanpa kartu asuransi saya gak bisa konsultasi ke bidan atau dokter manapun. Untuk bikin janji sama bidan kita harus telepon ke tempat praktek bidan, untungnya orang2 Belanda rata2 mahir bahasa inggris jadi saya gak kesulitan untuk komunikasi. Pas di telepon saya bilang kalau saya blum punya kartu asuransi karena kartu ijin tinggal belum selesai, tapi mereka tetap mau melayani saya. Wah untung aja, berarti mereka benar2 mendahulukan kesehatan.

Saat bikin janji saya kaget koq saya gak langsung dapat janji secepatnya, malah saya dapat janji untuk 4 minggu ke depan. Ya saya sih ikutin aja. Lalu saya tanya lagi ke teman kenapa begitu, ternyata katanya mereka bakal nerima kita kalau usia kandungan kita sudah 8 minggu untuk yakin kalau kita emang bener hamil. Pantes aja pas di telepon itu saya ditanyain hari pertama dari haid saya yang terakhir, rupanya mereka udah punya kalkulator untuk hitung usia kehamilan. Kita juga bisa itung sendiri usia kehamilan kita di website bidannya.

Akhirnya waktu yang ditunggu2 untuk konsultasi datang juga. Kalau di Indonesia kan konsultasi ke obgyn pasti kita langsung di USG dan dilihat macam2 ya. Ternyata di Belanda beda banget. Untuk konsultasi pertama kita hanya ditanya2 soal kondisi kesehatan kita, kondisi kesehatan suami, riwayat penyakit saya dan suami, riwayat penyakit orang tua kami & saudara2 kami, di kasih2 tips soal kehamilan & perubahan2 yang akan kita alami. Kalau dalam keluarga ada riwayat penyakit tertentu nanti mereka menghitung kemungkinan anak kita bisa terkena juga tau gak. Jadi intinya hanya ngobrol2 biasa selama 45 menit, gak ada periksa USG atau periksa fisik. Lalu bidan bilang nanti USG pertama itu pas usia kandungan sudah 12 minggu, karena di usia 12 minggu janin sudah mulai berkembang. Selanjutnya USG pada usia kandungan 20 minggu, karena pada usia itu janin perkembangannya sudah lengkap dan bisa dilihat/dideteksi apabila ada kelainan. Wah mereka bener2 efisien ya, USG aja cuma 2 kali, kalau di Indonesia kan bisa tiap bulan di USG. Atau mereka itu pelit yah? Hehehe… Kita bisa aja USG lagi tapi harus dengan biaya sendiri, gak dibayarin asuransi. Tapi toh teman2 saya juga cuma di USG 2 kali gakpapa. Kecuali ada kelainan atau indikasi medis lainnya baru deh di USG sering2 dan dibayarin asuransi.

Selanjutnya bidan juga kasih tau kalau usia kandungan udah masuk 16 minggu kita harus hubungin Kraamzorg. Kraamzorg itu apa ya… Saya gak bisa nemu terjemahan yang tepat untuk kata kraamzorg, yang jelas kraamzorg itu semacam perawat yang merawat kita di rumah selama 8 hari setelah melahirkan. Kraamzorg bukan cuma merawat bayi dan sang ibu tapi juga melakukan pekerjaan rumah lainnya seperti bersih2 atau masak, jadi perawat all in. Ho ho ho.. I like it!! Hahaha… Makanya waktu itu kita memutuskan untuk punya anak di Belanda karena kalaupun kita gak ajak orang tua kita ke Belanda toh ada yang bantu2 setidaknya selama 8 hari setelah melahirkan. Lagipula pengalaman dengan kraamzorg pasti akan sangat menarik.

Kita juga ditawarkan oleh sang bidan untuk melakukan test untuk mengetahui apa anak kita bisa terkena down sindrom atau gak. Test itu gak wajib sih dan kita harus bayar sendiri, gak dibayarin asuransi. Test bisa dilakukan pas usia kehamilan antara 11-13 minggu kalau gak salah. Tapi kita memutuskan untuk gak melakukan testnya karena kita positive thinking aja anak kita gakpapa & kalaupun kenapa2 ya terima saja. Teman2 saya juga gak ada yang ikutan test itu karena takut. Testnya itu dilakukan dengan cara masukin jarum ke cairan plasenta kita, jarumnya dimasukkan melalui perut kita. Huuuhuuu ngebayanginnya aja udah takut. Selain itu kita wajib test darah sebanyak 2 kali. Pertama pas usia kandungan 12 minggu, yang kedua pas usia kandungan 20 minggu kalau gak salah.

Selama hamil kita paling hanya dianjurkan minum suplemen asam folat khusus ibu hamil. Saya biasanya pilih yang ada fish oilnya. Kan katanya fish oil sangat baik buat pertumbuhan otak bayi. Untuk susu, saya minum susu segar biasa saja. Di Belanda gak ada tuh susu khusus ibu hamil dengan tambahan asam folat, DHA, dll. Semua ibu hamil ya minum susu segar biasa aja. Saya juga suka beli yang jenis biologis atau yang extra calcium untuk variasi, tapi sebenernya rasanya sih sama aja. Hehehe.. Saya pernah juga dikasih tau teman kalau minum susu di blender dengan strawberry segar juga bagus, katanya strawberry kan mengandung kalsium yang tinggi jadi bagus untuk pertumbuhan tulang bayi supaya kuat. Saya coba ikutin saran teman saya, kebetulan pas waktu itu summer jadi buah strawberry lagi banyak dan murah. Enak juga sih, seger banget rasanya. Walaupun pas saya hamil gak pernah ngerasa mual2 sih, paling gak tahan bau lengkoas sama bau minyak goreng, tapi kalau makan mah hajjaaarrr. Hahaha…Paling2 harus bisa nahan gak makan sushi & daging2 yang setengah mateng, tapi paling susah gak nahan makan sushi secara sushi itu kesenengan saya. Huuhuuu... Kalau soal minum kopi atau jenis kafein lainnya, bisa teman2 baca di blog ini juga dengan judul "Kafein, amankah untuk Bumil?". Lalu selama 9 bulan saya bener tahan gak makan indomie dan gak minum minuman bersoda. Horeee... Hihihi... 

Bidan juga nanyain apa kita mau melahirkan di rumah atau di geboorte centrum (rumah bersalin). Awalnya kita milih di rumah karena kita pikir lebih mudah. Kita tinggal di lantai 4 dan kita gak punya lift, jadi kalau dalam keadaan darurat kita agak bingung ntar gimana. Tapi setelah di pikir2 akhirnya kita ubah rencana untuk melahirkan di rumah bersalin aja. Ini kan anak pertama kita, kita gak tau apa yang bakal terjadi, jadi in case terjadi sesuatu kan kalau di rumah bersalin bisa lebih cepet ditangani. Saya udah tanya dengan beberapa teman yang udah melahirkan katanya sih ya sama aja pengalaman di rumah atau di rumah sakit. Tapi kalau di rumah jadi lebih private aja jadi enak. Satu lagi, kalau melahirkan dirumah itu gratis, alias gak bayar, tapi kalau melahirkan di rumah bersalin tanpa indikasi medis malah kita kena bayar 300 euro. Kalau melahirkan di rumah bersalin  dengan indikasi medis baru deh gratis dibayarin asuransi semua.

Selama hamil saya ditemani suami untuk konsultasi ke bidan hanya beberapa kali saja. Pas pertama kali, setiap harus USG dan beberapa pertemuan terakhir menjelang melahirkan. Bukannya suami saya gak mau temenin atau tidak bertanggung jawab, tapi saya juga harus maklumin kalau kerja di luar negeri itu tidak seperti kerja di Indonesia yang bisa ijin sering2 & seenaknya. Toh suami saya tetep temenin saya disaat2 penting, dan pas persalinan siapa lagi kalau bukan dia yang temenin saya. Teman saya bahkan harus rela pas USG pertama tidak ditemani suami karena suami conference di luar negeri. Ada lagi teman saya yang pas menuju tempat bidan kena palak (ada juga loh pemalakan di Belanda…) tapi berikut2nya dia  tetep aja tuh berani ke tempat bidan sendirian. Intinya kalau hidup di rantau emang harus kuat2 jadi mandiri, tabah & sabar.

Selama periksa kandungan di bidan, mereka menggunakan alatnya yang sangat sederhana. Gak ada alat USG diruang bidan. Kalau mau USG itu harus ke tempat khusus USG di rumah sakit atau klinik bidan yang satu lagi (di Enschede cuma ada 2 klinik bidan dan 1 klinik bersalin). Mereka cuma pakai alat untuk mendengarkan detak jantung dan paling cuma periksa2 kita dengan tangannya. Dengan tangannya aja mereka bisa tau posisi bayinya gimana dan bisa bayangin kira2 bayinya sebesar apa. Kayanya mereka itu bukan sekedar bidan biasa, tapi mereka emang benar2 profesional & ahli, bidan disana bisa dibilang setara dengan obgyn. 

to be continued... 

3 comments:

  1. halo mba mungki, salam kenal. nama saya mita.
    Saya mau nanya2 mengenai seluk beluk melahirkan dan masalah asuransi mba. kalau via e-mail bisa ndak ya mba. e-mailku michabakpao@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Mbak,saya juga ad pertanyaan ttg asuransi n kehamilan d blanda..it kyk mbkny itunganny preexisting pregnancy bkn y? Denger2 n baca2 d sna insurance gmw tanggung preexisting bknny? mau kontak2 lgsg boleh?
    Email: adenfirdaus@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Hi Mas Aden Firdaus.. maaf saya sudah lama sekali gak cek blog saya krn kesibukan sehari2 dengan bocah. Soal kehamilan di belanda, yg kasus saya sepertinya bukan dihitung preexisting pregnancy karna conceive terjadi setelah saya sudah berada di belanda. Kalau preexisting, menurut saya, itu jika kalau saya datang ke belanda sudah dalam keadaan hamil. Mgkn hal ini harus ditanyakan kepada yg lebih ahli, tapi saya rasa yg disebut preexisting pregnancy adalah saat seorang wanita datang utk tinggal di belanda sudah dalam keadaan hamil dari negara asalnya.

    ReplyDelete