2011/05/23

My Experience Having a Baby in The Netherlands: Part 3.2. Persalinan

newborn Myesha ;) 26 Des 2009
Hari itu hari Natal 25 Desember 2009 & it was really a white christmas because snow was falling from the sky. Not too heavy but just made that day beautiful. But my baby did not want to come out in a snowy day. Hahaha… Akhirnya sekitar jam 4 sore, pas salju udah mulai reda, saya merasakan kontraksi lagi tapi gak rutin, kadang tiap 15 menit, kadang tiap 30 menit kadang sejam kemudian. Saya jadi bingung banget. Pas sore saya udah mulai keluar flek merah, tapi berdasarkan petunjuk kan kalau flek merah gak perlu kawatir & saya gak ngerasa kalau ketuban udah pecah, jadi saya gak hubungin bidan. Tapi akhirnya jam 9 malam saya telepon bidan juga karena saya bingung kenapa pola kontraksinya aneh & saya gak tau apa ketuban udah pecah, atau belum. Apalagi sebelumnya itu kan pernah dibilang ketuban berkurang tapi saya gak tau/gak sadar. Takutnya tau2 ketuban udah tinggal sedikit & malah jadi kenapa2.

Bidan yang saya hubungi ternyata udah ganti shift. Tadi pagi yang angkat telepon saya adalah Carla, sedangkan sekarang adalah Binke. Binke adalah salah satu bidan favorit saya. Dia masih muda, energetic & informatif. Saya suka banget sama dia. Di tempat praktek bidan ada 5 bidan kalau gak salah. Tiap kita konsultasi kita gak selalu dengan bidan yang sama. Tapi kita gak perlu kawatir karena kemampuan mereka semua sama, cuma personality bidannya aja yang beda. Bidannya ada yang udah senior ada yang masih muda. Saya senang dengan yang senior karena yang senior biasanya kalem dan pembawaannya bikin kita nyaman & tenang, tapi Binke agak beda dari bidan muda lainnya, biarpun dia masih muda dia bisa bikin saya senyaman & setenang yang udah senior. Saya konsultasi dengan Binke di telepon selama hampir 1 jam. Saya sebenarnya pengen sebentar saja tapi dia memberi banyak “wejangan2” supaya saya bisa tenang. Sepertinya mereka itu gak bakal berenti sampai kita bener2 terdengar tenang.

Tanggal 26 Desember 2009 pk. 0.00, pola kontraksi saya jadi periodic lagi. Awalnya tiap 10 menit, lalu jadi tiap 5 menit, lalu jadi tiap 3 menit. Gimana caranya saya tau koq pola menitnya berubah? Selama kontraksi saya selalu pegang HP di sebelah saya jadi saya tau jam. Bayangin aja nahan sakit sambil liat jam!! Hahaha… Makin lama makin sakit kontraksinya. Akhirnya pas udah tiap 3 menit (waktu itu jam 2 pagi) suami saya telepon bidan & kasih tau kalau udah tiap 3 menit. Bidan bilang kalau dia bakal siap2 ke rumah kita & saya disuruh mandi air panas lagi. Gile jam 2 pagi mandi air panas lagi!!! Tapi itu mandi air panas, biarpun air dah panas banget rasanya tetep dingin banget dan badan masih mengigil, walaupun rasa sakitnya emang berkurang dikit. Tapi tetep kontraksi gak berubah tetep tiap 3 menit. Setengah jam kemudian akhirnya bidan datang juga. Lalu bidan langsung cek saya & katanya ternyata saya udah bukaan 7!!! Bidan juga kaget & dia bilang kita harus langsung ke RS. Bidan tetap menawarkan apa saya mau melahirkan di rumah karena pembukaan sudah pembukaan 7, tapi saya bilang, kita ke RS ajah.

Lalu bidan telepon kraamzorg supaya kraamzorg stand by di RS dan saya mulai siap2 pakai baju. Untung koper isi segala perlengkapan & kraampaket mah udah langsung tinggal bawa ajah. Binke, sang bidan, baik sekali, dia bahkan yang pasangin saya kaos kaki & pasangin sandal ke saya. Lalu Binke juga suruh suami saya ikut di mobilnya. Biasanya suami itu gak ikutan di mobil bidan. Suami biasanya disuruh naik mobil sendiri atau naik sepeda atau taxi atau bis sendirian. Tapi ya waktu itu jam 3 pagi gak mungkin kan ada bis. Suami saya udah mau telepon taxi tapi Binke bilang gak perlu. Alhamdulillah dia baik mau nawarin untuk bareng.

Ini dia bagian paling seru. Dengan kondisi bukaan 7, saya turun 4 lantai dengan tangga karena gak ada lift. Ho ho ho… untung si Mye gak brojol pas di tangga. Semua teman2 saya pikir saya itu di gendong ama suami saya, tapi mana mungkin kan dia sibuk bawa koper, baby car seat & kraampaket. Hahaha… Itu turun tangga pelan2 banget, tiap saya kontraksi saya berenti dulu, lalu jalan lagi. Binke ada di depan saya, suami saya ada di belakang saya. Pas udah di mobil baru deh bisa duduk tenang. Fiiuuhh.. Di perjalanan ke RS (kira2 makan waktu 10-15 menit dari rumah ke RS) saya masih bisa ngobrol sama Binke. Itu salah satu cara saya untuk alihin perhatian saya dari rasa sakit. Saya tanya udah berapa tahun dia praktek. Katanya dia baru 2,5 tahun praktek bareng Verloskundigen Praktijk Vivre (Praktek Bidan Bersama Vivre). Pantes aja dia masih muda banget, mungkin belum sampai 30 tahun.

Sampai di RS ternyata udah ada kraamzorg yang nyambut. Lalu kraamzorg yang tuntun saya ke ruang bersalin. Saya ditawarkan untuk duduk di kursi roda, tapi saya lebih milih untuk berjalan saja karena kalau berjalan rasa sakitnya sedikit lebih reda dibanding pas duduk. Saya bilang maaf kalau jalannya pelan2, tapi sang kraamzorg dengan lembut bilang gak perlu minta maaf, hal kaya gini itu normal, just take your time. Di ruang bersalin saya diperiksa lagi & katanya baru bukaan 8, jadi harus tunggu lagi. Saya disuruh rebahan miring, karena posisi miring itu lebih baik, selain supaya beban gak terlalu berat ke tulang punggung kita, ternyata posisi miring juga mengurangi rasa sakit pas kontraksi. Bidan bilang untuk memanggil mereka dengan bel kalau saya merasa kalau saya udah harus nge-push bayi. How do I know that?? Bidannya cuma bilang kalau itu natural & kita pasti bisa rasain. O_0 bingung sayah… wkwkwkwkwk.

Akhirnya sekitar pk. 5 lewat saya panggil bidannya & saya bilang kayanya udah saatnya saya ngepush baby. Lalu saya disuruh rebahan telentang lagi. Hayyaaa.. mau rebahan telentang aja rasanya susah beneeerrrr. Sampe akhirnya badan saya di puterin sama suami saya & kraamzorg. Setelah bidan ngecek dan bilang OK untuk push baby, akhirnya pk. 05.32, alhamdulillah hanya dalam 7 menit & hanya dengan 4 kali push Mye akhirnya lahir!!! :D Fiuuhh!!! Bidan & kraamzorgnya juga lega banget bisa lancar banget bayinya keluar soalnya katanya biasanya makan waktu paling gak 20 menit. Itu 7 menit termasuk yang rekor buat mereka. Hahahaha…

Newborn Mye yang fresh from my uterus langsung di taro di dada saya. Kemudian suami saya dipersilahkan untuk memotong tali pusar Mye. Di Belanda termasuk tradisi untuk suami memotong tali pusar anaknya. :D Mye dibiarin di dada saya selama beberapa menit, lalu Mye diangkat, dibungkus selimut yang lebih tebal & dikasih ke suami saya, sementara bidan & kraamzorg menjahit luka saya. Setelah bidan selesai dengan saya, baru bidan memeriksa, menimbang & membersihkan Mye. Newborn Mye gak langsung di mandiin, hanya di lap2 saja sampai bersih. Setelah dibersihkan, Mye dipakaikan baju & ditaro di box kecil di samping saya. Mye gak pernah lepas dari pandangan saya dan suami saya. 

beschuit & pink muisjes
Setelah semua selesai, bidan ke ruang sebelah untuk menulis report & kraamzorg membuatkan saya dan suami saya roti dan beschuit dengan muisjes pink, suguhan khas Belanda kalau ada newborn baby. Sekitar 1 jam setelah itu, saya diajak kraamzorg untuk mandi, saya dibantu untuk berjalan ke kamar mandi. Wow!! Rasanya ringan banget badan!! Tapi jalannya jadi kaya oleng. Hehehe… Setelah mandi saya dibantu handukan, pakai baju, bahkan kraamzorg yang siapkan (maaf aga vulgar) celana dalam saya beserta pembalutnya. Saya serasa jadi princess saat itu, dilayani banget sama mereka.

Satu jam setelah saya mandi, kita pun telepon taxi untuk pulang. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya. Kalau kita atau bayi kita gak ada komplikasi, maka prosedurnya adalah kita harus pulang dari klinik bersalin 2 jam setelah melahirkan. Sebenernya saat itu rumah sakit sepi banget. Di ruang bersalin yang satu lagi gak ada yang melahirkan. Jadi bener2 cuma kita berempat aja disitu (bidan, kraamzorg, saya & suami saya), apalagi waktu itu hari kedua natal, saya rasa orang gak banyak yang ke RS. Kita bisa aja santai2 lebih lama di RS, but I don’t really like hospitals. Hehe..

Pk. 9.00 taksi yang kita pesan sudah sampai di RS. Pas kita keluar, ternyata hari itu adalah hari yang cerah. Sun was shining so brightly and warm. Saya rasa Mye emang bener2 milih hari yang cerah untuk lahir ke dunia. :D  Sesampainya di depan apartemen, saya harus naik tanggal 4 lantai lagi. Dengan jahitan, rasa sakit & jalan oleng akhirnya saya berhasil juga naik ke lantai 4 apartemen kita. Suami saya membawa Mye yang di dalam car seat di satu tangan dan bawa koper di tangan yang satu lagi. Pulang ke rumah setelah melahirkan di hari kedua natal yang sepi, rasanya emang sepi banget, ditambah lagi gak ada yang menyambut. Kalau di Indonesia kan pasti banyak banget yang nyambut. But we were very happy. Soooo soooo happy.

Kraamzorg yang di rumah sakit gak ikut kita pulang, dia hanya membantu di RS saja, tapi dia bilang sekitar pk. 10 nanti kraamzorg yang lain akan datang ke rumah kita. Jadi sekitar 1 jam setelah kita sampai rumah, kraamzorg yang baru akhirnya datang. And this is when our new life has begun. :D


to be continued... 

6 comments:

  1. Mbak mung lahirannya gampang banget yah...
    ga mudah lahiran anak pertama dinegri orang & jauh dari keluarga dan saudara...
    Contoh yg baik banget buat saya, smoga klak jika saya hamil dan melahirkan bisa sprt mbak mung.
    Calon Ibu yg Kuat dan Hebat...
    Dan satu lagi...
    saya suka baget sm penutup ceritanya
    " And this is when our life has begun"

    ReplyDelete
  2. iya lind, ini mah aq kebetulan aja gampang, ya ini cuma contoh yg ngelahirin gampang ajah... tapi ada juga teman yang lebih complicated... di luar sana masih banyak yg lebih hebat dari aq, ini mah masih ibu pemula.. hihihi... amin, moga2 linda jg gampang klo melahirkan nanti.. :) thx ya.. :)

    ReplyDelete
  3. Ki...jadi keinget waktu Fatir mo lahir, gw sempet ditolak 2 kali katanya belum saatnya melahirkan, pas masuk malah udah bukaan ocho! :DD Klo inget cerita lahiran bikin kita senyum2 ya, nanti ada deh yg bisa diceritain ke anak kita. Ki kraamzorg lo baik bgt bantuin mandi? Gw dulu disuruh mandi sendiri, tp dia suster biasa sih di RS. Klo temen gw di Amsterdam, pas minta dimandiin sama kraamzorg trus kraamzorgnya bengong ampe speechless katanya :D

    ReplyDelete
  4. pas mandinya sih gw sendiri fis, kynya gw jg bakal risih klo dibantuin mandi... hihihi... tp pas buka baju, pas handukan & pas pake baju lagi dibantuin, yg paling kaget sih sampe dipasangin pembalutnya itu.. hihi... mgkn it was my lucky day aja, ngelahirin cepet, RS sepi, no rush, jd susternya baik banget.. wkwkwk...

    ReplyDelete
  5. mba mungki,
    salam kenal nama saya asti...saya ketemu blognya mba dari hasil search di google tentang pengalaman melahirkan di belanda.

    saya juga insyaallah akan mengalami lahiran di rotterdam februari 2014 nanti.

    jadi kira-kira berapa total euro yang habis utk belanja kebutuhan lahiran (ada yg bisa dibeli second ga?) dan saat persalinan?

    ada saran2 agar selamat melahirkan di belanda?

    ReplyDelete
  6. Halo mba asti,

    salam kenal jg... thanks ya udah baca2 blog saya.. ^_^ selamat ya mba atas kehamilannya... semoga kehamilannya lancar sampe melahirkan nanti.. ^_^

    kalo total euro yg keluar saya gak ngitung dan gak pernah catat sih mba jd saya sendiri gak tau ya abisnya berapa.. untuk barang2 yg besar spt baby crib, baskom mandi, kruiken air panas dan bbrp barang yg mahal saya biasanya minta lungsuran dari teman indonesia yg udah punya anak. Kebetulan pas saya melahirkan bbrp teman saya ada yg punya anak sekitar usia 1 thnan, nah jadi saya kebagian deh tuh lungsuran yg amat berharga.. hehehe.. Kalaupun belanja ya pastinya mgkn kaya baju2, perlak2, tempat ganti popok, dsb. saya ada yg beli sendiri dan biasanya saya belanja di IKEA atau HEMA atau toko bayi setempat yg suka jual dg hrg murah. Beli brg second jg worth it koq. Toko kaya Prenatal jg lengkap tp harganya biasanya lbh mahal. H&M jg oke2, itu favorit saya. Saran saya sih tanya dulu dg teman sekitar, kalau ada barang yg bs dipinjam/dilungsurkan ya ambil aja.

    Wah mba pertanyaan saran agar selamat mah gimana ya.. kynya mw hamil di Belanda ataupun di indonesia ya sama aja saran utk selamat nya..hahahaha.. Makan sehat, istirahat cukup, olahraga (pilates/yoga hamil), tp yg penting sih percaya sm org yg merawat kita selama kehamilan dan melahirkan krn itu yg bikin aura positif. Yg penting sebelum hari H melahirkan barang2 yg diperlukan siap angkat dan nomor tlp taxi selalu sedia.

    ReplyDelete